Persaingan Dari Sirkuit Sampai Ke Jalanan


sebelum cerita dan mulai membahas topik kita kali ini, gw mau cerita kalau gw suka banget mengikuti gelaran balap motor MotoGP, tapi khusus untuk yang seri 800 cc aja loh.

MotoGP 2011

MotoGP 2011

oke, alasan gw membahas topik balapan MotoGP karena dua tim yang dijagokan atau diidolakan yaitu Yamaha Factory Racing dan Repsol Honda Team keduanya disponsori langsung sama Yamaha dan Honda dari Indonesia. jadi jangan heran kalau kalian liat balapannya, ada tulisan “Semakin di Depan” sebagai slogan tim Yamaha dan “One Heart” atau “Satu Hati” sebagai slogan dari tim Honda. kedua slogan itu paling sering muncul baik di motor pembalapnya atau baju pembalapnya. hal ini mungkin karena penjualan sepeda motor di Indonesia sangat ‘digilai’ jadi bisa mendatangkan keuntungan yang besar sekali, jadi gak salah dong Yamaha dan Honda Indonesia pengen banget ikut berkompetisi juga sebagai wujud apresiasi brand product mereka di Indonesia.

persaingan MotoGP tahun 2011 ini cukup ketat, khususnya di kedua tim yang paling kuat yaitu Yamaha dan Honda. kedua tim saling beradu untuk menempatkan pembalap jagoannya di urutan teratas klasemen.

tim Yamaha Factory Racing dengan motor balap andalannya YZR M1 yang dipakai Jorge Lorenzo dan Ben Spies harus terus-terusan bersaing dengan tim Repsol Honda dengan motor andalannya RC212v yang dibawa oleh tiga pembalapnya Casey Stoner, Dani Pedrosa, dan Andrea Dovizioso.

Yamaha YZR-M1

Yamaha YZR-M1

Honda RC212V

Honda RC212V

saat ini Repsol Honda masih memimpin, dengan Casey Stoner sebagai pemimpin klasemen akan tetapi Yamaha juga tak ketinggalan, ada Jorge Lorenzo di urutan kedua klasemen.

tapi akhir-akhir ini ternyata persaingan Yamaha dan Honda gak hanya berkutat di sirkuit balap doang. di Indonesia sendiri sebagai negara sponsor kedua tim itu malah juga ikut bersaing. persaingannya sudah tentu bukan dengan balapan juga dong. tapi kali ini kedua produsen motor lebih banyak bersaing di produk mereka dan iklan mereka.

di tahun 2011 ini, Honda meluncurkan motor terbarunya yang menurut gw sebagai pengamat dadakan, punya ikatan tema yang sangat kental dengan gelaran MotoGP. yakk…Honda baru-baru ini meluncurkan motor CBR 150R nya yang baru dan jenis terbaru Honda Blade yang mengusung tema sporty dan a la MotoGp. Yamaha sih gak terlalu ikut-ikutan membuat produk baru ala MotoGP, tapi menurut gw dengan dikeluarkannya versi terbaru Jupiter MX cukup menjawab keinginan Yamaha untuk tetap ingin berada di urutan teratas sebagai sepeda motor yang memiliki kecepatan di atas rata-rata.

New Honda CBR 150R

New Honda CBR 150R

gw tertarik dengan baliho besar yang ada di jalan TB Simatupang, Jakarta deket daerah pejaten yang isinya itu foto 3 orang riders dari tim Repsol Honda MotoGP dengan tulisan khas “One Heart.” gw saat itu heran, karena sepanjang yang gw tau kebanyakan dari iklan Honda lebih mengedepankan sisi style atau gaya dari model motor terbaru mereka, ya paling gak kebanyakan dari segi fisik produknya, bukan dari segi spesifikasi kecepatannya.

nah menurut gw hal ini gak terlepas dari keberhasilan tim Repsol Honda menyaingi dominasi tim Yamaha di MotoGP, tentu dengan motor andalannya RC212v.

selanjutnya apa yang menjadi pikiran gw adalah, apakah pencapaian dari prestasi MotoGP itu bisa punya dampak besar untuk penjualan motor di Indonesia ? tentunya bagi individu yang kayak gw, yang mana seneng banget nonton MotoGP pasti punya pengaruh, karena secara gak langsung gw bakal tau mana motor yang keren banget dan punya performa yang stabil dan juara. jadi gak salah dong kalo gw mungkin akan agak sedikit meremehkan jenis motor pabrikan yang gak terlalu keren untuk bercokol di posisi 5 ke atas ? ya dong ? karena ya secara gak langsung gw udah terpengaruh untuk memilih mana motor yang juara dan jenis mana motor yang cupu.

well, ya saat ini  gw merasa sangat mengidolakan performa maksimal motor Honda, tapi gw yang sebagai pengguna motor Yamaha masih terlanjur jatuh cinta dengan performa akselerasi motor Yamaha yang menurut gw masih di atas rata-rata. tapi…apapun pilihannya, jatuh ke tangan individu masing-masing. jadi pilihlah motor yang terbaik dan cocok menurut Anda. karena sebenarnya “motor lah yang memilih penggunanya.”

Link QR Code:

QR Code MotoGP

QR Code MotoGP

6 thoughts on “Persaingan Dari Sirkuit Sampai Ke Jalanan

  1. Pingback: Spesifikasi Yamaha YZR-M1 2011 « SpidolBekas

  2. Pingback: Spesifikasi Honda RC212V « SpidolBekas

  3. Pingback: Kota Sejuta Motor « SpidolBekas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s