Program CSR PT Semen Padang


PT Semen Padang merupakan pabrik semen tertua di Indonesia yang didirikan pada tanggal 18 Maret 1910 dengan nama NV Nederlandsch Indische Portland Cement Maatschappi (NV NIPCM). Pabrik ini mulai beroperasi pada tahun 1913 dengan kapasitas produksi 22.900 ton per tahun. Pabrik pernah mencapai produksi sebesar 170.000 ton pada tahun 1939 yang merupakan produksi tertinggi pada waktu itu.

Ketika Jepang menguasai Indonesia tahun 1942-1945, pabrik diambil alih oleh manajemen Asano Cement, Jepang. Saat kemerdekaan tahun 1945 pabrik diambil alih oleh karyawan dan selanjutnya diserahkan kepada pemerintah Republik Indonesia dengan nama Kilang Semen Indarung. Pada agresi militer 1 tahun 1947, pabrik dikuasai kembali oleh Belanda dan namanya diganti menjadi NV Padang Portland Cement Maatschappij (NV PPCM).

Ditinjau dari keseluruhan program dan kegiatan PT Semen Padang berjalan dengan baik. Hubungan dengan semua stakeholder external berjalan harmonis.  Banyak kontribusi yang di berikan PT Semen Padang kepada pemerintah, baik dari segi pendidikan, ekonomi, lingkungan, olah raga dan lain sebagainya. Untuk bidang olah raga kontribusi terbaru yang diberikan PT Semen Padang ialah atlet panahan binaan Forum Komunikasi Karyawan Semen Padang (FKKSP) Ibnu Kaldun  berhasil menyabet dua medali perak Kejuaraan Panahan Piala Kasad 2011 di Lapangan Upacara Markas Kompassus Cijantung, Jakarta Timur.

Begitu pula hubungan dengan masyarakat, terjalin baik. PT Semen Padang selalu berperan aktif dalam hal social, seperti memebantu korban gempa padang, korban gempa dan tsunami di mentawai. Untuk bidang pendidikan PT Semen Padang rutin setiap tahun memberikan beasiswa bagi anak berprestasi yang kurang mamapu untuk bias melanjutkan pendidikan mereka. Penanaman pohon juga merupakan kontribusi PT Semen Padang terhadap lingkungan sekitar agar tetap hijau. Dalam hal ekonomi PT Semen Padang baru-baru ini memberikan kucuran dana 2 miliyar untuk lebih dari 141 UKM yang ada di Sumatera Barat. Sangat terlihat bahwa PT Semen Padang tidak hanya mencari keuntungan semata namun juga ikut serta menyejahterakat masyarakat yang da di lingkungan sekitar PT Semen Padang.

Begitu banyak kegiatan yang dilakukan PT Semen Padang kepada lingkungannya. Hal ini memebuat keberadaanya sangat mengunutngkan bagi masyarakat sekitar, namun bagi masyarakat yang jauh dari lingkungan PT Semen Padang berita-berita di atas kurang diketahui oleh mereka, hal ini mungkin karena kurangnya informasi/publikasi dan pihak PT Semen Padang kepada masyarakat luas. Namun ada satu hal yang bias menjadi kebanggaan seluruh warga Sumatera Barat di manapun mereka berada di Indonesia, yaitu Persatuan Sepak Bola Semen Padang (PS Semen Padang).

2 thoughts on “Program CSR PT Semen Padang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s