SpidolBekas Ogah Ikut Negatif Campaign


Aksi Tolak Black Campaign

Aksi Tolak Black Campaign by HarianTerbit.com

Menjelang puncak pemilihan umum alias pemilu, makin banyak cara yang dilakukan partai peserta pemilu untuk menarik perhatian, mulai dari menyebar stiker, memasang spanduk, baligho, dan lain-lainnya, keliling kota, orasi sana sini, gelar pengajian, gelar sunatan bareng sampe dangdutan bareng. banyak hal dilakuin sama Partai Politik untuk dapet perhatian dari kita-kita orang.

gak jarang juga (mungkin ada) partai politik menjatuhkan lawannya dengan menyewa buzzer profesional atau pemula dari dunia Blogger. bayaran yang ditawarkan pun tidak main-main, ada yang dibayar mulai dari 500 ribu untuk satu paket yaitu: menulis di blog, interaksi di kolom comment, aktif di forum internet, atau aktif di kolom komentar portal berita,…ada juga yang dibayar hingga jutaan rupiah – tergantung dari kesepakatan antara sang penulis dan sang pemberi jasa.

untuk postingan kali ini, gw mau cerita pengalaman gw sendiri yang diminta untuk jadi buzzer yang bertugas untuk mengupas sisi buruk salah satu kandidat calon presiden Indonesia periode 2014 yaitu sebut saja Mr. J…. -_-”

mekanisme kerjanya adalah: gw diminta untuk posting tulisan yang sudah disediakan oleh temen gw sebagai sang pemberi jasa ke blog gw, sebut saja sang pemberi jasa adalah Mrs. B. kemudian setelah posting (secara copas, tapi gaya bahasa disesuaikan) gw diminta untuk share di social media milik gw pribadi, selanjutnya gw juga diminta untuk aktif di forum internet dan portal berita untuk memberi komentar yang sudah diatur sebelumnya.

berikut capture pekerjaan yang diminta oleh Mrs. B ke gw:

Sistem Kerja Blogger

Sistem Kerja Blogger

kemudian berikut ini adalah arahan untuk aktif di forum internet:

Arahan Diskusi Aktif Blogger

Arahan Diskusi Aktif Blogger

berikut contoh tulisan yang harus gw posting tanpa harus merubah maknanya sedikitpun:

Contoh Postingan

Contoh Postingan

nah untuk pekerjaan ini gw akan dibayar sebesar 1,8 juta di akhir periode kerja yaitu 9 April 2014, berikut capturenya:

Email Brief dan Fee

Email Brief dan Fee

jujur sih sebenarnya gw awalnya sempet meng-IYA-kan tawaran dari temen gw, karena toh juga ada beberapa hal yang mungkin jadi unek-unek gw yang bisa gw luapkan menjadi kritikan sekaligus dibayar ke Mr.J jadi gak heran dong awalnya gw gak nolak.

tapi setelah membaca brief di atas gw jadi mulai keberatan karena tulisan yang harus gw posting ternyata harus sesuai dengan tulisan yang disiapkan, dan semua yang gw bahas harus seputar “bagaimana agar Mr. J mengevaluasi kembali pencapresannya.”

gw juga sempat mengajukan keberatan ke temen gw karena ada calon presiden lain yang juga kebetulan memiliki kekurangan atau sisi buruk yang sama dengan Mr. J, yaitu Mr. A, seorang gubenur. tapi temen gw tetap melarang gw ikut membahas Mr. A dikarenakan berbagai alasan.

prinsip yang gw pelajari selama menjadi Blogger, adalah selalu bersikap terbuka, apa adanya tapi tetap bertanggung jawab dan berimbang. jika ingin membeberkan suatu fakta harus dilihat dari berbagai sudut. inilah yang namanya SIKAP seorang Blogger yang baik menurut gw pribadi.

Jangan Cederai Demokrasi

Jangan Cederai Demokrasi

 

tapi terlepas dari right or wrong sikap gw yang berani mem-posting tulisan ini gw berharap, agar kalian semua mengerti kalau menjadi Blogger adalah sebuah tanggung jawab sosial yang harus diemban yang ending dari tujuannya adalah untuk “berbagi tanpa harus menghakimi dan memilih sisi.”

ditambah lagi sebagai salah satu Rakyat Indonesia, gw juga punya peranan dan tanggung jawab untuk memajukan dan mendewasakan sikap, mental, dan kehidupan negara ini. seharusnya elit politik juga harus mencerdaskan rakyat di Indonesia agar lebih mengerti arti demokrasi, bukannya malah mencederai arti demokrasi itu sendiri.

gw mengajak teman2 Blogger semua di Indonesia supaya ikut untuk memajukan dan mencerdaskan bangsa Indonesia, jangan sampai dirusak hanya karena sejumlah uang yang bisa kalian dapatkan berlipat di kemudian hari dengan cara yang lebih baik.

jika hal-hal seperti Negatif Campaign kaya gini masih aja dilakuin oleh berbagai pihak yang kurang jantan…mau sampai kapan Indonesia Maju ??!!

SpidolBekas Ogah Ikut Black Campaign

SpidolBekas Ogah Ikut Black Campaign

 

 

 

 

 

 

 

15 thoughts on “SpidolBekas Ogah Ikut Negatif Campaign

  1. sebelumnya juga pernah ditawarin sih menulis ttg GW. tapi males aja. kalau pun aku harus menulis ttg tokoh politik, maunya berisi kritik dan bukan puja-puji.

    kenapa malas menulis ttg tokoh politik apalagi tulisannya mengandung “black campaign”? karena menurutku orang2 politik nggak bisa dipegang mulutnya. hari ini mereka bersikap A, besok Z.

    btw, lo mbongkar kayak gini apa nggak diprotes sama yg ngasih Job?😉

    jabat erat!

    Like

  2. Bukan, tanggung jawab sosial seorang blogger itu adalah mencerdaskan masyarakat, menuntun masyarakat pada apa yang menurut kita baik melalui tulisan. Jika sesuatu itu kita anggap buruk, maka tidak ada salahnya kita melakukan judging dan melakukan penolakan terhadapnya, yang penting adalah kita tetap punya landasan untuk melakukan judging dan keberpihakan itu. Masalah apakah landasan kita itu benar atau tidak, nanti bisa diperdebatkan, itu sebabnya penting untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya pada publik untuk berkomentar.

    Btw, black campaign itu berbeda dengan negative campaign, kalau black campaign itu yang diungkapkan sifatnya tidak benar, bisa berupa kebohongan atau propaganda, sedang negative campaign itu yang diungkapkan adalah fakta sehingga sifatnya lebih sebagai kritik.

    Contoh:
    Saya pikir Jokowi seharusnya menuntaskan masa jabatannya sebagai gubernur sebelum masuk bursa calon presiden -> negative campaign
    Jokowi itu hanya boneka suruhannya Mega, apapun yang disuruh dia pasti mau -> black campaign, karena landasan argumennya lemah, belum tentu semua perintah Megawati dituruti oleh Jokowi.

    Tapi nice post, dan terimakasih atas kejujurannya.😀

    Like

  3. Benar tidaknya tulisan ini hanya tuhan dan pemilik blog yang tahu.
    Lagipula ini bisa menjadi cara menjatuhkan lawan dengan pencitraan diri sendiri.

    Like

  4. Semuanya make sense, sampai pada request “copas artikel”. Perubahan itu harus disegerakan dan diperjuangkan, tapi menyuruh orang lain menulis sesuatu yang sebenarnya bukan tulisannya sendiri — terlepas blogger itu setuju dgn content tulisannya — adalah salah satu bentuk kebohongan. Perubahan yang baik harus dilakukan dengan cara yang baik. Sama seperti bila kita ingin mensejahterakan kaum miskin tapi tidak dengan cara merampok orang kaya lalu membagi-bagikannya pd yang butuh. Hidup ini adalah rangkaian tindakan yang harus dipertanggung jawabkan kpd yang di Atas….

    Like

  5. dear teman2 semua, terima kasih untuk komen dan responnya, sebelumnya memang gw menulis dengan judul black campaign tapi karena gw kemudian menyesuaikan konten akhirnya jadilah judulnya negative campaign.

    btw terlepas dari apa yang gw tulis di postingan ini, benar atau salah…mengompori atau tidak mengompori…tujuan awal gw menulis ini murni karena ingin supaya banyak orang tidak tertipu dengan strategi2 kampanye negatif atau hitam yang sering dilancarkan oleh banyak politikus. gw hanya ingin semua pembaca untuk lebih aware bahwa ada loh strategi kampanye negatif seperti ini yang dibungkus secara profesional, rapih, dan tidak kelihatan “by designed” so kita sebagai masyarakat Indonesia memang musti lebih aware dan bijak dalam menyerap informasi, yang penting dari informasi adalah sumber yang kredibel, berimbang, dan sesuai fakta.

    terima kasih untuk semua sahabat SpidolBekas🙂

    Like

  6. Thx Mas atas infonya, stlh baca ini sy lgsg search di google mgunakan kata2 yg ada di “artikel pesanan” itu, ternyata dapat bbrp, lalu sy komen di sana (tetap komen dgn sopan), ada komen sy yg dihapus (untuk menutupi bau busuknya). Parah bgt nih dalangnya…..

    Like

  7. Jangan2ini jg tulisan pesanan….hihihi…
    #bingung mau percaya sapa…trlalu banyak kebohongan

    Like

  8. Eh, jelek-jelekin kandidat lain terlepas dari apakah datanya fakta atau bukan, SEMUANYA tergolong kampanye hitam kok🙂. Berikut salah satu referensi yang cukup bagus tentang definisi kampanye hitam vs kampanye negatif. Kampanye negatif itu misalnya : bagi-bagi uang, memaksa pemilih memilih calon tertentu, tapi tidak melakukan penyerangan sama sekali kepada kandidat lain. Kampanye yang asyik-asyik ajalah. Sebarkan kelebihan calon yang dipilih. Lebih adem juga kan? Masa mau ‘dagang’ tapi mati-matian jelek-jelekin produk toko sebelah? Gimana tuh?😛 –> http://politik.kompasiana.com/2014/03/23/negative-and-black-campaign-politik-dan-bisnis–640960.html

    Like

  9. Pengakuan tulus dari saya sendiri Ibu Susiyana.saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,
    serta penghargaan dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI JONGGOL,saya kerja sebagai PEMBATU HONGKONG selama 7 tahun di HONGKONG ,
    dengan gaji lebih kurang 2.jt /bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim uang dikeluarga di jawa barat, sudah lama saya mengetahui roomnya ini,
    juga sudah lama mendengar nama besar AKI, tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal seperti itu, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng tetapi kemarin waktu pengeluaran, saya coba2 pasang angka 6D benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,
    angka yang di berikan KI JONGGOL ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di HONGKONG, tidak ada ongkos pulang,terus beliau mebantu kasih angka 6D, lansung saya disuruh mendaptar jadi member mulanya saya tidak percaya, mungkin angka ini keluar,
    tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan ternyata tembus….!!!sekali lagi terima kasih banyak KI JONGGOL, saya sudah kapok kerja jadi pembantu,rencana minggu depan mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik AKI.
    yng ingin minta angka goib silakan hubungi KI JONGGOL Di Nomr ini 0852-1654-8879 terima kasih….????>>>ATAU KLIK DISINI

    Like

Leave a Reply

