Segmentasi Pasar dan Analisa Demografis


Image

Berikut ini saya akan menjelaskan artikel mengenai pembagian pasar atau yang biasa disebut Segmentasi Pasar. kunci dari Segmentasi pasar adalah “pembagian pasar ke beberapa kelompok spesifik, hal ini dilakukan karena beberapa kelompok secara kasar dapat dilihat sama, akan tetapi dalam waktu yang sama kelompok tersebut dapat menjadi berbeda” (Loudon dan Della Bitta, 1993). Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. menurut Hermawan Kertajaya, Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar.

Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran.supaya segmentasi pasar berhasil maka hal yang perlu diperhatikan adalah:
1) pasar dapat dikenali dengan baik dan terukur dari segi demografis, psikografis, dan perilakunya
2) pasar dapat diakses atau dijamah oleh kita, artinya kita sendiri mampu melakukan transaksi kepada target konsumen.
3) pasar cukup besar hingga dapat memberikan keuntungan
4) pasar dapat memahami pemasaran dan memberikan respon atas pemasaran tersebut.

Penggunaan dasar segmentasi yang tepat dan berdaya guna akan lebih dapat menjamin keberhasilan suatu rencana strategis pemasaran. Salah satu dimensi yang dipandang memiliki peranan utama dalam menentukan segmentasi pasar adalah variabel-variabel yang terkandung dalam segmentasi itu sendiri, dan oleh sebab ituperlu dipelajari. Peranan segmentasi dalam bidang pemasaran diantaranya adalah :

1) Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita
2) Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar
3) Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya.
4) Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.

Dalam segmentasi pasar, pembagiannya dibagi ke dalam beberapa jenis yaitu: segmentasi secara Geografis, Demografis, Psikografis, dan Perilaku. dalam hal ini saya akan membahas pembagian menurut Demografis. Segmentasi Demografis adalah pembagian pasar ke dalam beberapa kelompok variabel seperti: umur, jenis kelamin, jumlah keluarga, silsilah keluarga, pendapatan, pekerjaan, agama, ras, kebangsaan, dan kelas sosial. segmentasi bedasarkan kelas sosial adalah yang paling banyak dilakukan oleh pelaku pemasaran. kelas sosial biasanya dibagi menjadi kelas ekonomi atas (kaya), Menengah (mampu), hingga bawah (kurang mampu).

keuntungan dari segmentasi Demografis adalah hasil segmentasi mudah terukur (contoh: informasi sensus penduduk) dan segmentasinya sesuai dengan penjualan suatu produk (misalnya harga dan kelas produk premium atau regular). adapun kekurangan dari segmentasi Demografis adalah segmentasi ini tidak menyediakan suatu pengertian dan pemahaman mengenai perbedaan segmen secara lengkap.

di bawah ini adalah contoh dari Segmentasi pasar berdasarkan Demografis

Image

NAMA: Bayu Adhytia Pradipta
NPM: 1A212022
KELAS: 3EA27
DOSEN: Tomy Adi Sumarso, SE
MATA KULIAH: Perilaku Konsumen
TUGAS KE: 1
MATERI: Segmentasi Pasar dan Analisa Demografis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s