Blog Lebih “Bernyali” untuk Gandeng Komunitas


lebih banyak orang bilang kalau main di Social Media efeknya bakal lebih bagus untuk kelangsungan hidup bisnisnya. well gak bisa ditampik lagi kalo itu benar, gw sebagai salah seorang praktisi Social Media di salah satu perusahaan swasta akan sangat mengIYAkan.

Image

masalahnya adalah Social Media apa yang paling efektif buat deketin produk atau brand kita ke target konsumen ? Blog adalah jawabnya.

menurut situs yang gw baca, di situ tertulis kalau Blog adalah jenis Social Media yang paling efektif untuk mengikat brand kita dengan konsumen dan menciptakan pembelian. untuk cek lebih lanjut klik www.pamorama.net.

sebuah survei dari Technorati baru saja menyimpulkan bahwa kalau seorang mau membeli sesuatu maka dia akan mencari reverensi via website atau blog. Technorati menyebut bahwa Blog adalah sumber atau aset digital ketiga yang paling berpengaruh untuk bisnis, sebesar 31%. ketika seorang akan membeli sesuatu atau mencari sesuatu yang dia pengen situs reseller atau yang menjual barang dari barang dia pengen beli adalah aset digital yang paling berpengaruh, sebesar 56% dab situs utama brand ada di urutan kedua menjadi aset digital yang paling berpengaruh, sebesar 34%. tapi sebenarnya itu semua bergantung di mana barang dijual belikan, bagaimana tipe masyarakatnya, dan bagaimana trend digital yang berkembang di satu wilayah. namun bagaimanapun juga peran Blog tetap harus bisa diperhitungkan.

Image

rata-rata perusahaan besar investasi marketing digital di social media dengan presentase budget 10% dari total budget belanja digital marketingnya. ini jelas menyimpulkan bahwa dengan dana yang kurang namun banyak perusahaan yang ingin gaet banyak massa, tujuannya sudah jelas karena stigma pemikiran bahwa banyak massa banyak keuntungan masih dianut.

nyatanya konsumen lebih mudah terpengaruh dengan persepsi yang ditimbulkan oleh lebih sedikit konsumen lain atau komunitas pengguna brand. konsumen lebih percaya pendapat sedikit orang yang telah mencoba brand atau produk lebih dulu, pendapat ahli, ataupun pendapat banyak orang yang memiliki pemikiran yang sama (komunitas). lebih jelasnya dijelaskan pada grafik di bawah ini:

Imagedari grafik di atas menunjukan bahwa makin sedikit jumlah komunitas maka besar pengaruh yang bisa orang lain percaya. hal tersebut dapat dengan mudah dikendalikan dengan blog. bayangkan kalo lo menggunakan blog makan akan lebih mudah menjelaskan secara rinci bisnis yang lo jual atau bisa lebih leluasa menuangkan semua pemikiran lo tanpa harus dikendalikan oleh jumlah huruf yang muat untuk satu kali posting.

One thought on “Blog Lebih “Bernyali” untuk Gandeng Komunitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s