Salah Persepsi PowerPoint


bagi kalian para netizen pastinya udah gak asing lagi sama yang namanya aplikasi Microsoft PowerPoint. aplikasi ini digunakan untuk bikin presentasi atau show off sesuatu ke orang lain. mayoritas yang gunain aplikasi ini adalah para pekerja atau pebisnis, kemudian kalangan guru atau dosen, baru kemudian kita, murid, mahasiswa, atau…creator.

Microsoft PowerPoint banyak digunakan sebagai sarana informasi dan belajar mengajar

Microsoft PowerPoint banyak digunakan sebagai sarana informasi dan belajar mengajar

intinya PowerPoint sering banget digunain untuk proses belajar atau menginformasikan suatu hal. tapi mungkin banyak dari kita pernah menemukan atau malah menjadi orang yang punya salah persepsi tentang PowerPoint, apakah itu ?

percaya atau tidak kebanyakan orang tidak menggunakan PowerPoint sebagaimana fungsinya:

menulis terlalu banyak di slide. kebanyakan orang melakukan hal ini, umumnya di kalangan akademisi. perlu diingat PowerPoint bukanlah Word. kita tidak bisa masukan terlalu banyak kata, atau bahkan kalimat dalam satu slide. dilihat dari makna “PowerPoint” itu sendiri adalah kekuatan dari satu point (satu hal), jadi selayaknya cukup masukan satu kalimat pendek yang merepresentasikan materi yang sedang kita presentasikan. gunakan ukuran font yang cukup mudah dibaca, jangan terlalu kecil.

mungkin awalnya, banyak kalangan akademisi yang mengira jika semua materi ditulis di slide, akan memudahkan penyampaian materi. padahal itu salah, justru jika semua materi dipampang jelas di satu slide, otomatis akan memberi perilaku buruk untuk si murid karena untuk apa menulis ulang materi di catatan, kenapa gak copy saja materi PowerPoint nya via Flashdisk, baru kemudian di rumah buka laptop terus baca, selesai urusan. yak selamat Anda telah menghancurkan budaya menulis, mengingat, dan membaca murid Anda.

salah warna bikin pusing. ketika menggunakan PowerPoint itu berarti kita harus tahu sedikit banyak tentang warna dan penggunaannya. SpidolBekas mengelompokan jenis untuk PowerPoint kedalam dua kategori, yaitu: terang dan gelap. warna yang masuk kategori terang adalah: putih, kuning, biru terang (cyan), hijau muda, orange, merah muda, merah 100%. kategori warna gelap adalah: hitam, abu-abu, merah gelap, biru gelap, hijau tua, coklat, dan sejenisnya.

animasi terlalu lama. ini dia maksud hati mungkin ingin tampil keren dengan segudang animasi, tapi ternyata lupa disetting waktunya, jadi animasinya berjalan terlalu lama. terlalu lama animasi membuat orang bosan. kalau dalam waktu 2 detik animasi masih berjalan, katakan “selamat tinggal” untuk presentasi Anda.

gambar pecah. pecah bukan kayak pecahnya gelas, tapi jadi aneh gambarnya. kalo lo masukin gambar yang resolusinya rendah pastinya gambar bakal pecah, dan kalo masih dipaksain masukin gambar, ya wasaalam deh, slide lo akan keliatan “buluk.”

itu dia tips bikin presentasi yang bagus dan salah persepsi tentang powerpoint yang dalihfungsi sebagai word. semoga bermanfaat. amin🙂

QR Code:

QR Code

QR Code

One thought on “Salah Persepsi PowerPoint

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s