Followers Bukan Segalanya


banyak perusahaan, instansi, atau organisasi yang baru “mencicipi” manisnya keuntungan integrasi bisnis ke Social Media ternyata salah persepsi.  salah persepsi yang dimaksud adalah mereka terlalu fokus mengincar jumlah followers. berbagai cara dilakukan diantaranya, dari yang paling umum dilakuin yaitu bikin kuis dan tebar hadiah sebanyak-banyaknya sampai tindakan ilegal membeli followers melalui agensi tertentu.

Followers bodong emang nyenengin, tapi cuma di awal doang

Followers bodong emang nyenengin, tapi cuma di awal doang

pengalaman pribadi saya, dalam 3 bulan terakhir menganalisa dunia Social Media dan banyak belajar dari banyak aplikasi, dan tentunya terjun langsung ke lapangan. akhirnya saya menyimpulkan bahwa jumlah followers yang banyak belum tentu wajib dijadikan acuan utama dalam berbisnis melalui Social Media.

satu hal yang sangat “gawat” dan banyak dilakukan oleh banyak pengguna Twitter yang mengincar banyak followers adalah: “semakin sering kita bikin kuis, dan tebar menebar hadiah, saat itu juga akun Twitter kita mati interaksi” maksudnya adalah, ketika semakin banyak membuat kuis di Social Media maka saat itu juga akun Twitter atas nama “Quiz Hunter” siap menyerang.

banyak followers bisa diambil pakai KUIS

banyak followers bisa diambil pakai KUIS

saya jamin semakin banyak bikin kuis, semakin banyak followers yang akan Anda dapat. tapi efek yang paling buruk siap menanti, yaitu gak akan ada interaksi yang tercipta dengan followers Anda. begitu Anda bikin Tweet yang bukan berbau kuis dan hadiah, followers gak akan merespon. saksikan aja list mention Anda sunyi senyap.

ada satu perhitungan dan acuan baru yang saya ajukan khusus untuk yang mau berkecimpung di Social Media, yaitu: targetkan pencapaian Twitter ke tingkat interaksi, bukan Followers. semakin besar tingkat interaksi dengan Followers maka imbasnya akan memberikan pertambahan Followers yang organik.

meningkatkan interaksi dengan followers bukan pekerjaan mudah, butuh konten yang kuat dan menarik. selain itu butuh bantuan dari banyak pihak untak menghidupkan interaksi. target interaksi lebih sulit dicapai daripada followers.

kalau Anda bingung bagaimana cara mengukur tingkat interaksi dengan followers, caranya gampang, buka aja Twitter Anda lalu buka Klout.  di situ kita akan melihat score atau nilai KLOUT kita, range-nya antara 0-100, dengan nilai minimum yang harus dicapai 20. targetkan nilai KLOUT sebagai pencapaian sukses atau tidaknya Social Media, kalau mau nyobain gimana rasanya jadi seorang Netizen 2.0 sejati.

QR Code:

QR Code

QR Code

One thought on “Followers Bukan Segalanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s