Semua Hal Tentang Digital Media


lo siap gak masuk ke dunia Digital Media ? Facebook dapat menjangkau 65% populasi di Indonesia. sekedar pengetahuan, pengguna Facebook di Indonesia untuk usia 14 tahun ke atas sudah mencapai 86,7%. mayoritas pengguna Facebook menyebarkan setiap kegiatannya di Facebook, begitu juga dengan brand. suatu perusahaan dianggap serius masuk ke Digital Media kalau budgetnya bisa melebihi 10% dari total budget yang dikeluarkan per tahun.

Facebook social media yang dapat dimanfaatkan untuk membina pertemanan

Facebook social media yang dapat dimanfaatkan untuk membina pertemanan

rata2 orang buka Facebook dulu baru Twitter. Facebook itu berbeda dengan Twitter. Twitter adalah social media yang bisa menimbulkan efek word of mouth paling efektif, massal, dan cepat. Indonesia bisa dengan mudah menjadi trending topic walau jumlah pengguna Twitter-nya hanya 19% dari total populasi dunia. hal itu bisa terjadi karena Indonesia memproduksi tweet sebesar 15% total tweet di dunia. di social media, khususnya Twitter, tidak ada yang namanya influencer. kita tidak pernah tahu siapa influencer kita. efek positif  Twitter untuk brand adalah, kelebihan untuk bisa bicara langsung dengan orang yang dia suka, dia idolakan, dan sebagainya.

ritual sehari-hari setiap orang kini lebih banyak dilakukan di social media

ritual sehari-hari setiap orang kini lebih banyak dilakukan di social media

fenomena social media merubah point of contact kita. kalau dulu kita bangun pagi baca koran, terus nonton tv, habis itu dengerin radio, terus ke kantor. tapi sekarang bangun pagi kita langsung akses social media. point of contact pertama habis bangun tidur adalah pegang gadget terus akses social media, yaa itulah yang terjadi sekarang. tren dulu namanya point of contact 1.0 dan sekarang berubah jadi point of contact 2.0. tren ini akan terus berkembang dan gak akan bisa berubah lagi seperti dulu lagi.

pagi hari adalah waktu yang positif untuk menyapa dan memberi semangat. hingga pada siang hari sampai sore hari, jam Twitter paling sepi. baru kemudian aktif kembali, bahkan cenderung sangat aktif pada pukul 18.00 sampai jam 00.00 WIG atau biasa disebut (waktu indonesia bagian Galau).

bila website kita mau sukses, website kita  harus mobile friendly. karena hari ini semakin banyak orang yang akses internet dan website melalui mobile device. perusahaan yang berhasil di digital media adalah perusahaan yang bisa merubah di struktur organisasinya. satu struktur organisasi yang sehat adalah bisa memasukan digital media marketing manager, tim creative, dan seorang specialist social media.

kalau program kampanye kita mau cost effective gunakanlah social media. tapi sebelum menggunakan social media riset dulu konsumennya, pastikan juga kalau mereka menggunakan social media, dan jenis social media apa yang digunakan.

social media massa

social media massa

di social media, setiap orang saat bisa menjadi “media massa.” ciri-ciri media massa adalah yang membuat konten, punya jalur distribusi, dan punya audiens. di social media, setiap orang memiliki konten, punya cara sendiri menyebarkan informasi, dan punya teman atau followers sebagai audiensnya. Sherina punya follower lebih dari 2 juta, itu berarti dia bisa menjadi media massa yang mengerikan, karena dia punya ciri-ciri media massa. dengan follower sebanyak itu berarti bisa mengalahkan media massa seperti Kompas yang memiliki oplah sekitar ribuan per hari.

walau diam, social media addict tetap dapat berkomunikasi melalui social media. bisa aja dia diam tapi ternyata dia nge-tweet. kunci utama social media adalah perbincangan (conversation). blogger adalah subjek yang sangat diperhatikan karena kalau di Google media massa bisa dikalahin oleh seorang blogger dengan ilmu search engine optimization.

QR Code:

QR Code

QR Code

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s