Ini Dia Facebook dan Twitter


kali ini gw pengen berbagi tentang informasi dan ilmu yang gw dapet ketika gw ikut training social media dan peran komunikasi public relations. banyak info yang gw dapat dan sekarang gw pengen kasih topik yang paling mayoritas.

Facebook dan Twitter berteman selamanya

Facebook dan Twitter berteman selamanya

informasi pertama adalah: ternyata satu orang menghabiskan waktu rata-rata 23 menit per hari di Facebook. kegiatan ini bisa berupa menulis komentar, bikin konten, mengomentari status teman dan lain-lain. jangan pernah terperangkap untuk mencari banyak like di akun fan page Facebook karena tolok ukur fanpage yaitu sekitar 200. kalau banyak fans tapi interaksinya rendah itu sama saja gak ada gunannya.

objective dari kegiatan social media adalah interaksi. jadi hal yang paling sebaiknya kita lakukan adalah meningkatkan interaksi kepada konsumen. kalau di social media kita masih one way dialogue dan tidak pernah berkomunikasi langsung dengan konsumen. kalau kita terus posting dan gak ada yang komen itu berarti buruk. fokuskan kegiatan apapun yang dilakukan di Facebook, supaya meningkatkan interaksi dengan konsumen.

user Twitter terbanyak yaitu adalah anak muda di bawah 25 tahun sekitar 65%. buktinya adalah kalau kita liat trending topic pasti selalu berkaitan dengan hal yang disukai atau menjadi perhatian anak muda. hitungan ketika website suatu brand itu hidup ketika minimal ada 1000 followers.

di Indonesia, brand yang paling banyak dibahas (diomongin) di Twitter adalah brand telekomunikasi dan consumer goods. mungkin itu terjadi karena kedua brand itu yang paling banyak digunakan di kehidupan kita. mulai dari bangun tidur kita biasa langsung cari handphone terus kirim pesan atau nelpon habis itu kita makan dan mandi semua pakai consumer goods kan ?

batas maksimal kita bisa berkomunikasi adalah dengan 150 orang. di luar negeri, waktu mentweet rata-rata paling banyak di hari kerja. tapi untuk di Indonesia trafik paling banyak ketika di weekend. Indonesia adalah negara ketiga dengan tweet yang paling gila. untuk jam lebih banyak di jam 5 sore ke atas. jadi disarankan kalau mau campaign lebih baik pagi 7 sampai jam 9 dan jam 4 sore sampai jam 9 malam. pengguna social media yang menggunakan mobile device di Indonesia ada sekitar 86% lebih.

berikut ini ada 7 jenis Followers di Twitter:

  1. Bot, spam berbentuk follower, ciri-cirinya biasanya adalah orang luar negeri yang gak jelas profile dan asal-usulnya
  2. Sleepers,  gak pernah nyapa dan jarang men-tweet
  3. Word search, mencari topik yang sesuai dengan dirinya dan follow akun tersebut. tapi kalau subjek yang dia follow men-tweet konten yang berbeda dia langsung akan unfollow
  4. Readers, hanya punya niat membaca tweet kita dan belum tentu respon
  5. Engagers, follow kita dan membangun komunikasi dengan kita
  6. Contacts, orang yang kita kenal di dunia offline, pernah ketemu secara offline. orang yang belum kita kenal baik atau lama
  7. Friend, orang yang kita kenal baik dan saling menfollow

nah itu dia tadi informasi yang gw dapet tentang Facebook dan Twitter. semoga bermanfaat dan menginspirasi hidup lo. amiin😀

QR Code:

QR Code

QR Code

5 thoughts on “Ini Dia Facebook dan Twitter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s