Belajar GAK Harus dari yang Positif


mungkin kali ini gw gak bermaksud untuk sok pintar dan dewasa, tapi gara-gara keinginan gw untuk merubah mindset banyak orang bahwa gak selamanya yang buruk itu harus dipandang sebelah mata, dan dianggap “sampah” yang gak ada gunannya sama sekali.

Jangan Pandang Sebelah Mata, setiap hal yang ada di muka bumi ini mempunyai satu hal yang dapat dipelajari

Jangan Pandang Sebelah Mata, setiap hal yang ada di muka bumi ini mempunyai satu hal yang dapat dipelajari

mungkin beberapa dari kalian pernah lihat banyak orang yang berbondong-bondong ke satu sesi seminar atau sesi motivator. yaa gw gak mau bohong juga kalo gw juga pernah rela jauh-jauh untuk datang ke satu sesi seminar untuk belajar jadi pribadi yang baik.

anehnya (ya mungkin itu cuma terjadi di gw) habis seminar selesai, yaudah semua orang kembali ke habit masing-masing. yang tadinya membara banget ketika denger materi tiba-tiba pas keluar gedung hilang semua.

kebanyakan dari seminar-seminar yang diadain di berbagai tempat selalu menghadirkan orang-orang yang sukses, berkelakuan baik, dan punya segudang prestasi. tapi kebayang gak kenapa orang-orang yang justru kurang (gw gak bisa bilang gak punya) citra positif di masyarakat jarang dijadikan sosok yang dipanggil untuk mengisi sesi seminar atau training motivasi ?

satu hal yang sangat ingin gw kupas kali ini adalah kenapa setiap orang sangat suka belajar terus dari hal yang positif. apakah sesuatu yang positif bisa mempengaruhi kita untuk bisa jadi seperti orang yang kita anggap positif ? anggap saja begini, kalau waktu di sekolah guru kita sering menasehati kita untuk jadi seperti si A yang selalu mendapat nilai bagus, apakah itu bisa mempengaruhi lo dan lo akan jadi seperti si A. contoh yang lain, kalau kita dengerin satu sesi seminar tentang seorang pebisnis yang sukses mengembangkan puluhan perusahaan, apakah kita juga bisa seperti dia ?

kebanyakan dari kita lebih sering mendapat banyak hal positif dari orang-orang sukses sampai kita sendiri lupa hal-hal buruk apa yang pernah ditimpa oleh orang sukses itu. apakah dengan termotivasinya lo menjadi orang sukses seperti dia, lo juga akan SIAP menerima kesulitan dan kegagalan yang pernah dia terima ?

gw berpendapat, boleh-boleh saja kita belajar dari hal-hal yang positif supaya memacu semangat kita. tapi, jangan lupakan untuk belajar dari hal-hal yang negatif, alasannya supaya kita dapat belajar menghindari kesalahan dan tahu kenapa kita harus menghindarinya. setiap hal yang negatif memiliki sepercik ilmu positif yang dapat dimanfaatkan.

beberapa waktu lalu, gw pernah menulis tentang perlunya kita belajar dari Korea Utara. negara itu dikenal sebagai negara komunis yang dicap negatif karena banyak mengekang warga negaranya. tapi anehnya loyalitas rakyat Korea Utara pada pemimpinnya sangat tinggi.

waktu itu gw menulis tentang pentingnya kita belajar kepemimpinan, loyalitas rakyat, dan keteguhan prinsip Korea Utara, tapi sayangnya mayoritas komentar yang gw terima kurang berkenan kalau gw bilang kita harus belajar dari Korea Utara.  padahal maksud gw adalah sederhana yaitu belajarlah sedikit (tidak semuanya) dari hal yang kurang berkenan di hati kita, dengan begitu kita bisa menarik banyak hal positif dari berbagai macam hal.

jangan pernah mengira hal yang banyak orang kira sebagai hal negatif lantas tidak punya arti untuk dipelajari. justru dari hal yang negatif itu kita bisa belajar banyak hal entah untuk terhindar dari hal negatif dan alasan kenapa kita harus menghindari hal-hal yang negatif untuk kita. belajar dari orang yang (pernah) gagal juga baik, karena dengan begitu lo bisa belajar gimana caranya biar gak gagal.

jangan pernah terkurung dalam satu sistem pemikiran kolot yang semu. semua hal di muka bumi ini mengandung ilmu yang dapat kita pelajari dan renungkan. jangan pernah berpikir sempit karena niscaya kebijaksanaan tidak akan pernah datang kepada orang yang berpikir sempit.

gw pernah jadi orang yang (dan mungkin sekarang masih) gagal, tapi gw yakin dengan kegagalan gw, gw bisa belajar jadi lebih baik. bila diminta gw pun SIAP untuk mengajari banyak orang supaya mereka gak melakukan kegagalan yang pernah gw lakuin.

QR Code:

QR Code

QR Code

8 thoughts on “Belajar GAK Harus dari yang Positif

  1. Setuju bro, ambil hikmah dan pelajaran itu dari mana pun sumbernya. Bahkan sekali pun keluar dari mulut seekor anjing mutiara adalah tetap mutiara… Bukannya begitu? #hehehe

    Like

  2. sebuah note yang bagus dan menarik …
    memang benar kita dapat belajar dari hal yang positif dan negatif dari segala sesuatu yang ada di muka bumi ini.. Tapi yang perlu di perhatikan adalah persepsi dan kemampuan dari setiap individu itu berbeda dalam menela’ah kehidupan, inilah yang nantinya menyebabkan timbul banyak masalah atau konflik.
    menurut sy untuk menimbulkan motivasi yang bermanfaat bagi semua orang adalh hanya perlu “saling mengerti” dan menghargai perbedaan yang ada
    trimakasih bro ilmunya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s