Tips Memilih Nama Domain


sebentar lagi akhir tahun nih, gak ada salahnya kan kita melirik sebentar ke blog atau rancangan website kita yang udah digarap setahun ini. yaa kali aja lo mungkin mau sedikit memberi ‘bumbu’ perubahan, termasuk pada domain yang lo pake sekarang.

domain yang tepat memberi banyak keuntungan buat apapun yang lo lakuin di internet

domain yang tepat memberi banyak keuntungan buat apapun yang lo lakuin di internet

domain atau yang sering dikenal sebagai alamat website harusnya jadi perhatian utama bagi para penghuni dunia website atau blog. karena, domain bisa dibilang sebagai identitas utama website atau blog.

domain biasanya memiliki kaitan yang erat dengan si pemiliknya, terlepas dari pemiliknya atas nama corporate atau pribadi.  jadi misalnya gue adalah seorang backpacker, gue mungkin akan kasih nama blog pribadi gue jadi http://www.akupetualang.com, itu sekedar contohnya.

memilih nama domain yang tepat agak sensitif, karena kalau sampai salah pilih, bisa-bisa reputasi website atau blog kita terancam. sekarang coba bayangin kalo lo punya domain dengan nama yang ribet kayak http://www.akoepecintamusiikfunky.com, selain nama domain-nya kepanjangan, udah gitu susah banget untuk diinget sama orang lain. nah kan jadi repot iya gak ?!

berikut ini gue kasih panduan singkat untuk memilih nama domain yang baik untuk website atau blog lw. tips nya gw ambil dari www.intuit.com dan sekaligus menggabungkan tips dari pribadi, silakan:

  1. Keep it simple,memorable, and identify. pilih domain yang terkesan simpel dan mudah diingat sama orang lain. misalnya lo mau bikin website tentang musik, nama domain http://www.juraganmusik.com mungkin akan lebih mudah diingat daripada domain http://www.koleksimusik405.com. dan kalo lo sedang membuat website khusus untuk regional daerah lo juga bisa masukin karakter nama daerah untuk mencerminkan identitas si website-nya, contoh: http://www.bayubekasi.com
  2. Keyword optimize. dalam ilmu SEO (search engine optmization) ada satu trik untuk meningkatkan kunjungan dengan cara memasukan keyword tentang website lo ke dalam domain. jadi contohnya misalnya lo punya usaha jual beli motor, mungkin domain http://www.jualmotormurah.com akan lebih menjual untuk bisnis lo sendiri. dengan begitu sepertinya gak sulit untuk lo meningkatkan kunjungan karena keyword potensial sudah lo pegang dan dijadiin domain
  3. Keep it short. logikanya semakin sedikit karakter yang lo pake di website, semakin mudah pula orang lain untuk inget kan ? ada sebuah riset yang menunjukan kalo di site static Alexa, website yang ada di peringkat 50 besar dunia rata-rata memiliki 6 karakter domain. selebihnya untuk peringkat 100.000 besar dunia jumlah karakternya sekitar 9 buah
  4. Personal. kalo lo emang punya keinginan sendiri menaikan branding atas nama atau produk yang lagi pengen lo jual, ada baiknya lo masukin personal branding lo itu di nama domain. misalnya: gue adalah koki yang sangat hebat jadi mungkin gue bisa gabungin nama gue sebagai brand dan embel-embel lain yang mudah diingat dan berkaitan sama kegiatan masak-memasak kayak http://www.bayurajadapur.com
  5. No unique code. gue saranin jangan gunain karakter khusus selain huruf seperti (-) dan angka (0-9). karena sebenarnya penggunaan karakter khusus agak menggangu orang lain untuk mengingat domain kita atau cukup menyulitkan orang lain untuk mengetik nama url karena penggunaan nama domain lazimnya menggunakan huruf (A-Z).
nah tadi di atas adalah tips untuk memilih nama domain yang bagus. tapi kadang setelah kita capek nyari nama domain yang pas ternyata udah dipake sama orang lain. naahhh bete kan ?! berikut ini gue kasih saran kalo ternyata domain lo udah ada yang punya, yaitu:
  1. Alternate Domain. embel-embel .com .net .org dan segala macemnya itu biasa disebut sebagai Domain Suffix. nah saran gue kalo domain lo udah ada yang punya, lo bisa mulai kreasiin nama domain dengan domain suffix yang berbeda. itu bisa aja terjadi karena nama domain akan teregister dengan hanya satu domain suffix doang. so, kalau domain suffix yang lain masih tersedia, kenapa gak lo coba, ya gak ?
  2. Offering. kalo emang lo masih suka dengan domain dan domain suffix yang lo incer lo bisa ajuin tawaran untuk beli domain ke si pemilik domain itu. dan kalo lo bingung gimana cara cari tahu si pemilik domain, lo bisa hubungi langsung si pemilik karena kebanyakan dari pemilik website atau blog tulis kontak pribadinya. kalo lo gak bisa cari kontaknya, lo bisa cek si pemilik website melalui who.is.

nah itu dia tadi sedikit info memilih nama domain yang bagus untuk website atau blog lo. semoga bermanfaat, silakan baca berbagai macam tips di blog SpidolBekas.

QR Code:

QR Code

QR Code

11 thoughts on “Tips Memilih Nama Domain

  1. Mas mau nanya klo domain dengan suffix net, atau org masih bisa tidak bersaing dengan suffix com klo bisa sih mengalahkan suffix .com ??

    Soalnya klo saya liat kebanyakan domain diluar suffix com ujung2nya harus membeli domain suffix.com dan seperti yang kita tahu ya harga domain .com itu mahalnya minta ampun kyk yang dialami problogger, ujung-ujungnya beli domain .com yang harganya klo ndak salah 5000 dollar🙂.

    Like

  2. sama aja semua mas…yang bedain cuma harga dan identitas si pemilik jenis domain, harga domain com cukup terjangkau kok mas…mungkin sekitar 100 ribu per tahun bahkan ada yang lebih murah…kalo sampe 5000 dollar mahal banget tuh, kan kalo dikonversi ke rupiah bisa sekitar 50 juta…waahh mahal banget tuh

    Like

  3. siti ma’wa :

    untuk membeli domain,,kita membelinya tergantung apa yaa??

    tergantung kebutuhan kalo untuk sekelas web pribadi bisa pke .com kalo untuk organisasi bisa pke .org

    sesuaikan juga dengan budget kamu ya….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s