Google X: tempat lahirnya inovasi Google


mungkin banyak dari kita yang sering tanya, entah tanya ke emak, bapak, atau temen lo…pokoknya siapapun itu, tentang gimana bisa Google punya banyak ide-ide segar yang belom pernah kita pikirkan hingga saat ini. pertanyaan yang sama sering gue lontarkan sendiri saat gue baru tau atau liat atau nyobain teknologi terbaru Google.

semua jawaban itu bisa dijawab oleh Google X.

Lab Rahasia Google bisa jadi tempat tercanggih di dunia kalo setiap karyawannya disediadakan mobil otomatis untuk lalu lalang

Lab Rahasia Google bisa jadi tempat tercanggih di dunia kalo setiap karyawannya disediain mobil otomatis untuk lalu lalang

Google X adalah laboratorium super rahasia milik Google yang didalamnya tersembunyi banyak inovasi yang didukung dengan SDM luar biasa dan teknologi robotik tingkat tinggi. walau dibilang lab rahasia Google, tapi ternyata gak semua karyawan internal Google tahu di mana letaknya. entah mereka gak tahu atau mereka gak bisa bilang, karena sekali lagi gue bilang, lab ini sangat rahasia.

menurut kabar yang didapat dari beberapa sumber dari internet bilang kalau letak lab rahasia ini ada di kantor Google di Mountain View, California. pendiri Google, Sergey Brin terlibat di dalam tim Google X ini.

Apa itu Google X ?

Google X adalah tempat di mana mungkin kita bisa matiin lampu pake gadget Android. atau mungkin adalah tempat di mana sebuah kulkas terhubung dengan internet, jadi ketika persediaan makanan lo habis, kulkas lo akan langsung otomatis memesan persediaan makanan via online.

Sergey Brin, salah satu pendiri Google yang terlibat penuh dalam Google X

Sergey Brin, salah satu pendiri Google yang terlibat penuh dalam Google X

walau inovasi di atas tadi baru sekedar konsep, tapi Google X menurut gue bisa dibilang mewakili keinginan Google sendiri untuk bisa menghadirkan inovasi dalam dunia teknologi yang tentunya dikemas dalam bentuk yang menarik.

juru bicara Google, Jill Hazelbaker walau dia gak ngomong tentang benar atau gaknya Google X itu ada atau gak, tapi dia menyebutkan kalau menginvestasikan segala hal yang menguntungkan adalah jati diri dari Google. jadi bukan gak mungkin lagi perusahaan kelas berat sekelas Google gak mungkin gak punya lab khusus yang punya fungsi sebagai pusat riset dan penciptaan inovasi baru teknologi.

Hasil Karya Google X ?

walau keberadaannya masih bisa gue bilang gak jelas, karena terbukti gak semua karyawan Google tahu di mana tempat Google X. tapi hasil karya dari Google X bisa gue bilang membuktikan sendiri kalau lab rahasia super canggih dan jenius ini ada.

baru baru ini pada 18 Desember 2011, Amerika Serikat menjatuhkan hak paten mobil otomatis pada Google. kita gak perlu lagi nyetir di mobil ini, gak perlu lagi bisa seahli apa nyetir mobil, karena hanya dengan satu perintah mobil ini bisa mengantar kita ke tempat yang ingin kita tuju. sensor di mobil menggunakan GPS yang terhubung dengan mesin mobil, jadi selain bisa mengenal jalan dan arah yang dituju, mobil juga bisa mengenali pepohonan, semak, dan banyak tanda pengenal lainnya.

Karyawan Google bersama mobil otomatis ciptaannya

Karyawan Google bersama mobil otomatis ciptaannya

gak hanya itu kabarnya Google juga akan merilis kacamata gadget yang terhubung dengan perangkat Android. jadi gak hanya canggih, nantinya produk Google bisa mensejajarkan gaya yang modis dengan kekuatan teknologi. siapa juga yang menyangka nantinya tidak ada lagi orang-orang yang lalu lalang bekerja pergi ke kantor, karena setiap aktivitas bisa dilakuin via online.

Orang-orang di Google X:

Google X sendiri diisi oleh orang-orang berkompetensi dari teknologi robotika dan teknik mesin. mereka kebanyakan diambil dari perusahaan teknologi kelas dunia, seperti Microsoft dan Nokia Lab dan dari universitas terkenal, seperti Stanford, M.I.T, Carnegie Mellon, New York Universty.

Sebastian Thrun team leader Google X

Sebastian Thrun team leader Google X

Google X dipimpin oleh Sebastian Thrun, seorang yang ahli dalam bidang robotika dan juga mengajar ilmu komputer di Stanford University. dialah orang yang mengembangkan mobil otomatis. lalu di dalam Google X juga ada Andrew Ng, seorang pengajar di Stanford. dia adalah orang yang ahli banget bikin pemrograman untuk robot dan mesin supaya bisa bekerja layaknya seorang manusia.

ada lagi Johnny Chung Lee, seorang spesialis dalam bidang interaksi komputer humanoid. dia baru bergabung di Google setelah bekerja untuk Microsoft tahun ini untuk mengembangkan dan menciptakan Microsoft’s Kinect, sebuah video game yang dapat dimainkan dengan merespon setiap gerakan dan suara manusia.

Google yang dulunya merupakan perusahaan mesin pencari dan jasa iklan di internet sekarang udah melebihi batas sebagai layaknya perusahaan teknologi. Google kayaknya ingin merajai setiap lini kehidupan manusia dengan teknologi yang dapat membantu siapapun dengan cara yang lebih baik. gue pribadi sangat tertarik dengan banyak produk Google, mulai dari E-mail sampai produk gadget Android yang sampai sekarang masih gue impikan untuk punya, walau cuma satu ajaaa, hehehe….

sumber:

New York Times

SidomiNews

DetikInet

QR Code:

QR Code

QR Code

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s