Twitter: Kicauan Komunikasi Corporate


gila gak sih pertama lo baca judul tulisan gw…berat banget ya kayaknya ? tapi tenang gw akan membahas masalah ini secara sederhana dan sesuai dengan gaya gw yang fantastis dan bombastis seperti biasanya. oke pertama gw dapat ide (ide selentingan) untuk bahas mengenai penggunaan Twitter bagi para pemilik usaha.

Twitter gak harus nguntungin perusahaan doang harusnya follower juga kebagian untung

Twitter gak harus nguntungin perusahaan doang harusnya follower juga kebagian untung

semenjak twitter makin booming di tanah air Indonesia, banyak pelaku usaha di Indonesia juga ikut “latah” pakai Twitter untuk tujuan komunikasi dan pemasaran perusahaannya. sebenarnya banyak sih tujuan dari mereka menggunakan Twitter, selain untuk jalin komunikasi dan promo ke pelanggan, mereka juga punya segudang tujuan lain untuk menggunakan Twitter.

gw kenal banyak sama para admin Twitter perusahaan terkenal di Indonesia. mostly mereka bilang Twitter biasa digunain untuk promosi dan menjaga komunikasi dengan konsumen mereka. selebihnya ada perusahaan lain yang menggunakan Twitter untuk bagi-bagi hadiah ke konsumennya (baik banget ya haha :p)

berikut ini gw rangkum beberapa tujuan dari kenapa perusahaan pada pake Twitter:

  1. komunikasi ke pelanggan. Twitter memungkinkan lo bisa komunikasi head to head dengan orang lain langsung dalam waktu yang singkat dan gak mengenal jarak. topik pembicaraannya juga “luas” loh…mulai dari menangani masalah, sampai tanya jawab program terbaru
  2. promosi. hal ini paling gak bisa dipisahin sama kegiatan pemasaran perusahaan. karena apapun kegiatan perusahaan ujung-ujungnya pasti revenue bukan ? terus karena Twitter gratis, so perusahaan bisa menghemat banyak pengeluaran untuk promosi ke banyak orang sekaligus dengan budget yang minim
  3. memantau pasar. maksud gw ini bukan pasar becek tempat jual sayur…BUKAN !! maksud gw adalah memantau kegiatan dan sesuatu apa yang lagi happening di mata konsumen mereka. jadi kalo mereka mau bikin suatu kegiatan dan inovasi, perusahaan bisa mengambil acuan pada topik apa yang lagi hangat-hangatnya dibahas oleh para konsumen di Twitter
  4. loyalitas konsumen. mulai dari bagi-bagi voucher sampai hadiah gede kayak motor dan mobil pastinya pernah ditawarkan ke konsumen. caranya paling biasa adalah dengan mengadakan kuis. jadi perusahaan bikin pertanyaan untuk satu rentang waktu dan dari semua jawaban yang dikasih konsumen bakal dipilih mana yang terbaik atau paling benar…habis itu di-publish deh siapa yang menang.

gw saranin untuk kalian daripada follow tweet yang isinya tentang promo terus-terusan tanpa henti mendingan follow Twitter perusahaan yang sering kasih hadiah buat lo. jadi paling gak timeline lo gak bakal disumpel terus sama yang namanya iklan bla-bla-bla.

jadi gw paling gak punya kesimpulan buat lo semua.

Twitter itu gak selamanya nguntungin buat perusahaan doang…kita sebagai konsumen juga harus kebagian untung yang jelas juga dong karena kita kan udah rela follow Twitter-nya.

sekedar sharing aja berikut ini gw kasih tahu beberapa Tweet yang seenggaknya gak terlalu cerewet di timeline dan banyak kasih untung buat lo. di antaranya:

  1. kategori internet: semua jenis Google Product dari @google , @googlechrome , dan @gmail mereka ini bisa dibilang jarang nge-tweet dan biasanya tweetnya itu jarang yang gak penting…istilahnya mereka nyampah. satu lagi @wordpress
  2. kategori informasi: yang paling baik menurut gw adalah @natgeo , @sindoRCTI , @motoGP , @korantempo , dan @indonesia akun-akun tweet  ini banyak kasih informasi penting buat gw dan kuantitasnya gak terlalu sering, jadi gak bikin timeline lo kepenuhan
  3. kategori hadiah: nah ini nih akun-akun tweet yang nguntungin buat lo, karena selain sering kasih hadiah mereka juga gak terlalu bawel. kalian bisa follow: @indosatbran1 dan @yamahaindonesia

nah bagi lo semua yang punya rekomendasi lain, bisa tulis nama akun tweet perusahaan yang gak bawel di timeline dan nguntungin buat kita tentunya di bagian komentar di bawah.

gw tunggu komen-nya ya ?

QR Code:

QR Code

QR Code

7 thoughts on “Twitter: Kicauan Komunikasi Corporate

  1. Promosi via sns, baik fb dan twtr bisa jadi salah satu model promosi baru. Buat corporate, banyak untungnya, salah satunya bisa mendapat massa yang banyak dan juga hemat biaya. Salam kenal ya..

    Like

  2. gustavie :

    Promosi via sns, baik fb dan twtr bisa jadi salah satu model promosi baru. Buat corporate, banyak untungnya, salah satunya bisa mendapat massa yang banyak dan juga hemat biaya. Salam kenal ya..

    salam kenal juga…sosial media emang kasih banyak keuntungan untuk corporate, dan gw harap sih seenggaknya juga bisa kasih kita benefit lebih, secara kita kan followernya haha

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s