Senjata Ampuh Korporat di Dunia Maya


sejak jejaring sosial booming di Indonesia, banyak perusahaan yang punya produk andalan atau jasa berkualitas rame-rame bikin akun di jejaring sosial terfavorit seperti contohnya Facebook dan Twitter. walau banyak yang akhirnya bikin jejaring sosial untuk produk dan program komunikasinya di dunia maya, tapi menurut gw fenomena ‘banjir’ produk di jejaring sosial sekarang jadi lumayan membosankan.

kenapa membosankan ?

begini ya, rata-rata orang yang gw kenal atau bisa disebut temen-temen gw biasanya menggunakan jejaring sosial khusus untuk komunikasi atau have funsama temen-temen. jarang dari mereka yang pake jejaring sosial untuk cari sesuatu seperti produk atau informasi yang mereka butuhkan.

nah terus bagaimana cara temen2 gw untuk cari informasi ?

mereka mengandalkan mesin pencari seperti Google, atau yang lainnya seperti portal berita, web forum, atau BLOG.

Saatnya Kita Ngeblog

Saatnya Kita Ngeblog

yak, kali ini gw mau bahas tentang BLOG yang menurut gw bisa jadi senjata komunikasi atau publikasi ampuh di dunia maya. begini pendapat gw based on my penerawangan:

jadi begini, seminggu yang lalu Indonesia lagi digunjing masalah sosial penyedotan pulsa sama Content Provider. pemberitaan tentang hal ini tuh jadi kontroversial banget dan menarik banyak perhatian masyarakat.

nah di saat itu gw langsung bikin tulisan yang berisi tips menghindari pencurian pulsa, cek aja artikelnya di sini. entah mungkin karena lagi beruntung, atau kenapa, pada saat pertama gw luncurkan tulisannya ke dunia maya dengan dibantu Vivanews pada saat itu juga ada 5000 lebih pengguna internet membaca tulisan gw. sampai saat ini pembacanya menyentuh angka 7000 lebih viewer.

7000 lebih viewer untuk satu artikel baru

7000 lebih viewer untuk satu artikel baru

sekarang kita bayangkan bagaimana jadinya bila 7000 lebih viewer gw membaca dan kemudian menyebarkan informasi yang dia dapat dari gw ke temennya. kita estimasi aja sekarang gimana kalo 7000 orang itu menyebarkan informasi dari gw ke dua orang temennya. jadi paling gak gw udah bisa menyebarkan informasi yang gw punya ke 21.000 pengguna internet di Indonesia, khususnya Jakarta lokasi gw nge-posting, dalam waktu seminggu.

ditambah lagi kalo tulisan gw semakin banyak diakses dan disebarkan sama pembaca gw, paling gak semakin mudah buat tulisan gw bercokol di halaman pertama Google, sebagai mesin pencari paling populer di dunia…tentunya dengan kata kunci yang terkait sama tulisan gw.

nah, itu baru dari 1 blog.

ide yang gw punya saat ini adalah bagaimana kalo satu perusahaan untuk satu produk punya 10 buah blog yang udah SEO friendly dan udah punya banyak viewer ?

bayangkan mungkin kalo terkait dengan tulisan gw di atas bakal ada lebih dari 210.000 orang yang akan terbebani otaknya dengan tulisan yang sejenis dalam waktu seminggu dengan biaya minim. mungkin lebih efektif dan efisien daripada menyebarkan flyer di pinggir jalan atau beriklan bukan ?

Dan yang lebih fantastis bagaimana bila 7.000 viewer melihat tulisan gw dalam seminggu. Dalam sebulan gw akan mendapat 28.000 viewer. Dan bila gw punya 10 blog yang punya tulisan sejenis, kasarnya gw akan tulisan gw akan dibaca 280.000 viewer dalam sebulan, sama dengn 0,1% jumlah penduduk Indonesia dalam sebulan. Tapi ini beda dengan iklan di koran atau televisi yang cuma diliat, tulisan gw dibaca.

nah jadi metodenya adalah satu korporat punya banyak blog yang berbeda jenis dan karakternya untuk menyebarkan pesan yang bernada sama ke banyak orang. jadi metode ini bisa dipakai untuk membantu publikasi informasi terbaru produk atau jasa ke banyak orang dan termasuk meMONOPOLI halaman satu Google untuk satu kata kunci.

keunggulan dari metode ini adalah bisa memonopoli halaman satu Google untuk satu atau lebih kata kunci yang kita inginkan atau banyak orang cari. jadi kita bisa lebih banyak membuka peluang komunikasi kita ke target sasaran.

ada keunggulan ada kelemahan. kelemahan dari metode ini adalah tahap pengembangannya yang bisa makan waktu banyak karena setiap blog yang dimiliki harus dirancang sedetil mungkin supaya tidak dicurigai sebagai kepanjangan tangan dari perusahaan kita. udah gitu perusahaan harus menyediakan waktu juga untuk menaikan dulu trafik masing-masing blog supaya lebih mudah bercokol di halaman satu Google. jadi paling gak supaya kelemahan bisa diminimalisir, setidaknya perusahaan harus menyediakan banyak tim SEO dan Blogger yang handal dalam menulis dan menaikan trafik. tim SEO dan Blogger juga harus bisa menulis sebuah tulisan yang sesuai dengan ciri khas blognya. jadi ketika di blog yang cantik dia harus bisa menulis a la seorang wanita tapi kalo di blog yang serius dia harus menjadi penulis yang serius juga, bisa dibilang sulit nemuin orang kayak begini.

tapi semua kelemahan bisa diatasi dan bila berhasil maka keuntungan yang akan didapat perusahaan lo akan semakin berlipat ganda setiap waktu. kegiatan mencari informasi di internet adalah salah satu aktivitas yang gak akan pernah mati.

QR Code:

QR Code

QR Code

6 thoughts on “Senjata Ampuh Korporat di Dunia Maya

  1. Pingback: I Work My Passion « SpidolBekas

  2. Pingback: Social Media Massa « SpidolBekas

Leave a Reply

