Kontroversi Tampilan Baru Facebook


walau udah agak lama juga Facebook mengganti tampilan baru dan menambahkan berbagai macam setting dan privasi nya, sampai sekarang kayaknya respon para pengguna Facebook masih sangat negatif tentang perubahan drastis Facebook yang terjadi dalam waktu singkat.

kalau gak salah dalam waktu seminggu aja, tampilan baru Facebook dan berbagai fitur ditambahkan langsung di halamannya tanpa pemberitahuan terlebih dulu untuk para penggunanya. fenomena penampilan baru Facebook ini sempat jadi Trending Topic Twitter di cakupan dunia. kebanyakan dari Tweets yang gw baca isinya menghina tampilan baru Facebook yang dianggap sebagai “rajanya stalker.”

ini salah satu contoh Tweets baru tentang komen negatif tampilan baru Facebook:

Tweets Said Facebook as a new stalker social network

Tweets Said Facebook as a new stalker social network

kalau gw perhatiin sih animo pemakaian Facebook sekarang gak kayak dulu, sekarang cenderung agak lebih sepi. beberapa diantara Tweeps bilang udah bosen dan gak mau lagi pakai Facebook sejak tampilan baru dikeluarkan, mereka sekarang jadi lebih milih pake Twitter, yang lebih privasi daripada Facebook.

ditambah lagi banyak kekurangan yang gw rasakan harusnya gak ada di sebuah jejaring sosial, di mana banyak juga orang yang butuh privasi tinggi di dalamnya, seperti contohnya:

Facebook New Design ask you to be a smart stalker

Facebook New Design ask you to be a smart stalker

sekarang kalo kalian buka Facebook di bagian bar sebelah kiri akan muncul semua aktivitas temen-temen lo, mulai dari temen lo komen ke siapa, temen lo nulis komen apa di status orang lain, temen lo nulis apa di wall orang lain, dan lain sejenisnya. semua update kegiatan terbaru temen lo akan muncul begitu aja di timeline friend activity di sebelah kiri. setiap detik Facebook akan kasih tahu perkembangan terbaru kegiatan semua temen lo di Facebook, tanpa lo minta.

bahkan sekarang Facebook bisa otomatis mendeteksi di mana lokasi lo ketika bikin status. nama kota tempat lo bikin status akan keluar begitu aja. bahkan gw bisa dengan mudah melihat apa komentar terbaru temen gw dari kota yang sama.

terus sekarang itu kalo mau setting di privacy setting itu gak kayak dulu. kalau di tampilan Facebook jaman dulu kita bisa bebas mengatur apa saja yang mau kita bagi ke temen dan apa aja yang gak boleh diliat sama siapapun. kalau sekarang pengaturan dibuat simpel…paling gak lo cuma punya dua pilihan antara lo mau gak semua materi Facebook lo diliat sama orang lain atau gak ada sama sekali yang bisa diliat orang lain di Facebook lo.

perubahan lain yang agak menggangu adalah sekarang kalau kita upload foto di Facebook, foto kita akan ditampilkan dengan ukuran cukup besar. kesan yang gw dapet kalo liat foto sebesar itu di home Facebook adalah terkesan lebay alias berlebihan dan memboroskan kuota internet gw. bagi para pengguna internet berkuota, tampilan baru Facebook sekarang udah bagaikan mimpi buruk.

menurut gw beberapa fitur yang ditambahkan ke Facebook itu ngikutin Google+, di antaranya: tampilan foto yang segede gambreng, fitur subscribe, dan fitur pemilihan privasi  untuk setiap status lo mau diliat sama aja.

mungkin awalnya Facebook menganggap kalau bisa kasih kesempatan untuk setiap penggunanya tahu apa aja yang dilakukan temennya di dunia maya pasti bisa membuka jalur komunikasi. mungkin awalnya juga dia pikir dengan menambahkan fitur ‘stalker’ para pengguna bisa tahu perkembangan terbaru temen-temennya. tapi lain otak lain pikiran kan ?? mungkin sebagian (besar) dari kita pengguna Facebook di dunia gak terlalu suka dengan inovasi baru ini.

kalau boleh gw kasih pendapat, gw secara pribadi akan bilang kalau “Tampilan baru Facebook bagaikan mimpi buruk untuk privasi pemakainya.” 

QR Code:

QR Code

QR Code

12 thoughts on “Kontroversi Tampilan Baru Facebook

  1. Dari dulu tweeter hanya bisa sebarkan kabar burung seperti logonya !
    tweeter tidak bermutu dan securitynya sangat lemah buktinya sempat di kendalikan hacker.

    Like

  2. friendster, jejaring jadul… fb wes bosen nganggo, twitter. g mudeng nganggone, ndadak pake @RT dll…, mending pke YM aj…. ciakakakaka gtalk jg gpp…

    Like

  3. Untuk itulah lebih baik hanya menambahkan teman-teman yang kita kenal di dunia nyata saja ke dalam facebook.🙂

    Kalo yang ga kenal nge-add, no way deh…😀

    Like

  4. Shadowman :

    Dari dulu tweeter hanya bisa sebarkan kabar burung seperti logonya !
    tweeter tidak bermutu dan securitynya sangat lemah buktinya sempat di kendalikan hacker.

    tiara :

    hidup facebook ,fuck twitter

    Siapa bilang gan.. Di twitter tu bnyak informasi juga loh. Ane aja dpt info loker bnyak juga dr twitter. Privasi lebih terjamin pula.. Karna bentuk nya yang simpel..

    Mungkin agan nya aja x yg ga bsa pke twitter.. hehe =D =D

    Like

  5. Pingback: Social Media Massa « SpidolBekas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s