Ngobrolin Angkot


angkot atau kepanjangan dari angkutan kota sekarang lagi jadi primadona berita di stasiun tipi, bahkan jadi bahan obrolan pertama untuk orang yang baru saling kenal di angkutan umum.

Cool Angkot Outside Yeaahhh

Cool Angkot Outside Yeaahhh

kali ini gw mau cerita tentang pendapat gw mengenai angkot ditambah pengalaman aneh yang baru gw alamin. pertama gw mau kasih tahu angkot itu jenisnya banyak. jenis angkot yang gw maksud adalah baik dari trayek atau rutenya yang bakal bikin lo susah hapalin satu per satu sampai jenis kendaraan yang biasa disulap jadi angkot.

mungkin gak susah juga nemuin angkot yang lewatin rumah lo, apalagi khususnya di Jabodetabek, rute angkot udah kesebar sampai pelosok entah kemana juntrungannya. banyak pilihan rute yang bisa bikin lo gak repot kalo mau kemana-mana. untuk ongkosnya, karena BBM  lagi lumayan…begitulah…ditambah biaya hidup yang besar tarif angkot paling murah sekarang Rp 2000. tapi menurut sebagian orang tarifnya itu udah lumayan mahal, jadi sebagian dari mereka itu malah pake motor pribadi sekarang.

untuk jenis mobil yang biasa dijadiin angkot kebanyak jenis mobil Carry gitu. entah apa alasannya, tapi mungkin menurut gw alasannya adalah mobilnya bisa muat banyak, hemat BBM, dan lumayan bandel gak ngerepotin musti diservis. tapi jaman sekarang sih jenis mobil yang bisa dijadiin angkot udah banyak, kayak misalnya jenis Kijang atau yang paling elit sedikit jenis Gran Max karena bisa muat penumpang lebih banyak.

mengenai performa angkot ya tergantung sama pak pengemudinya. ada angkot yang jalannya kayak mobil balap liar sampe mobil angkot yang jalannya udah kayak lagi anterin penumpang VIP mulus tanpa gejolak berarti. sebagian pengemudi angkot ada yang suka ugal-ugalan di jalan, biasanya semua jalan dilibas 100 km per jam, sampe bisa bikin lo kejut tegang di bangku penumpang…dan pastinya bisa bikin lo tobat sementara dan ingat sama pencipta lo.

masih ngobrolin tentang angkot, kalo lo naik angkot lo gw jamin bisa jadi pemerhati kehidupan sosial masyarakat yang bagus. kenapa ? karena di angkot itu kan udah pasti lo gak cuma sendiri numpang, pastinya banyak orang yang juga ikut numpang kan. nah biasanya setiap perilaku orang itu unik di angkot. sebenarnya bisa gw klasifikasiin nih tipe orang-orang yang pernah gw amati di angkot, seperti:

  • kalem, orang ini biasanya duduk diam dan gak lirik kanan kiri dan cenderung melihat ke satu arah selama perjalanan. tipe orang ini gw rekomendasikan untuk jangan diajak ngomong kalo lo gak mau dicuekin atau ngobrol sama bangku angkot
  • komunikatif, biasanya orang ini kalo mau masuk angkot pasti raut mukanya itu kayak ‘menyambut’ lo banget deh, denga ciri khas sunggingan bibirnya yang aduhai. bahkan kalo dia injek kaki lo pas dia mau duduk pasti dia langsung cepet minta maaf dan memberi senyumannya atau menunjukan raut muka bersalah. ditambah lagi kalo dia diajak ngobrol, tipe orang ini sangat antusias dengan topik apapun yang lo obrolin, selama gak menyinggung dia
  • kutu buku, tipe orang ini pastinya udah gak perlu gw jelasin, biasanya orang kayak gini kalo di angkot pastinya buka buku dan langsung dibaca, bukunya mulai dari novel, biografi, sampe buku pelajaran. orang kayak gini udah gak akan pernah peduli sama lingkungan sekitarnya lagi kalo dia udah baca
  • kritis, tipe orang ini mungkin bisa memecahkan kesunyian di dalam angkot. misalnya kalo angkotnya lagi ngebut dia pasti langsung bercuap-cuap ke semua penumpang. dan gak jarang kalo ada kejadian aneh dan unik di angkot pasti dia langsung bahas. tipe orang ini walau bisa buat lo terjaga dari mimpi indah lo selama perjalanan dan memecah kesunyian, tapi gak jarang tipe orang kayak gini sangat menyebalkan karena terlalu cerewet. gak jarang kalo misalnya lo tanggapin omongan dia, lo bakal diajak ngobrol terus selama perjalanan
  • ingin tahu, tipe ini lebih banyak diam di dalam angkot hampir sama dengan tipe kalem, tapi bedanya tipe orang ini lebih banyak melakukan eye contact ke segala penjuru, mulai dari atap angkot, lantai angkot, jenis sepatu yang dipake orang-orang, jenis handphone/gadget yang orang pake, sampe sekedar tulisan yang ada di baju orang lain. orang ini cuma punya rasa ingin tahu yang besar aja, tapi cenderung diam, kalo lo merasa risih dilihatin sama orang kayak gini mending lo tatap balik, karena dia akan merasa ditantang sama lo dan merasa lebih baik ‘mundur’ untuk mengamati lo
  • gadget freak, dari namanya udah ketahuan tipe orang ini pastinya akan mencantolkan earphone ke telinganya untuk mendengarkan musik selama di perjalanan, atau biasanya orang ini akan terus-terusan pegang dan gunain gadget-nya seperti BlackBerry, Android Phone, dsb untuk sekedar berkomunikasi dengan temannya atau browsing internet
  • pekerja keras, tipe orang ini biasanya naik angkot dengan jumlah barang bawaan yang bisa dibilang banyaknya diluar batas kewajaran. tipe orang ini lebih merasa nyaman kalo bawa barang banyak daripada gak bawa apa-apa sama sekali atau sedikit barang
  • simpel, berbeda dengan tipe pekerja keras, tipe ini lebih simpel di kendaraan umum. biasanya tipe ini lebih cenderung pakai pakaian yang santai seperti kaos, celana jeans, atau celana pendek dan gak bawa barang banyak, bahkan sama sekali gak bawa apa-apa selain dirinya sendiri sama duit
  • tukang dandan, tipe ini paling banyak jaga penampilannya a.k.a kualitas ketebalan bedak atau minyak wangi yang dia pake. orang ini biasanya suka bolak balik liat kaca atau kalo cowo biasanya kalo lagi ada debu atau polusi dari luar pasti langsung tutup mukanya biar gak merusak kadar kegantengan dirinya sendiri
  • mesum, tipe ini paling dibenci oleh orang manapun. tipe ini orang yang suka genit sok kenal dan sok dekat bahkan gak segan-segan nempel-nempel ke orang yang dia suka, padahal gak kenal. orang ini suka punya inisiatif kenalan atau ngajak obrol bareng lawan jenis yang dia suka untuk kenalan dan macem-macem. gak jarang ada sejumlah orang yang tega melakukan masturbrasi di depan lawan jenis sampai mengeluarkan ‘semuburan naga’ ke lawan jenis yang bisa dikategorikan termasuk pelecehan seksual. bagi orang tipe ini melakukan pendekatan langsung secara fisik dan ajak obrol adalah cara jitu untuk kenalan dengan lawan jenis, padahal hampir semua orang gak suka diperlakukan seperti itu. orang ini juga biasanya bakal ngeliatin lawan jenis dengan tatapan mata yang mesum abis, dia gak bakal segan ngeliatin lo sepanjang perjalanan dari ujung rambut sampai ujung kaki, bahkan sampai melihat bagian tertentu di lawan jenis.

gw mau kasih tips supaya lo bisa aman selama naik angkot, aman dari tindakan-tindakan aneh dan gak menyenangkan yang bisa lo alamin, tipsnya adalah:

  • pake pakaian yang bener, jangan pake pakaian yang ketat dan terbuka. selain bisa buat lo masuk angin, lo juga mungkin bisa diliatin sama orang banyak, khususnya orang mesum yang gak sabar pengen grepe badan lo sesegera mungkin
  • jangan pake perhiasan sebanyak mungkin, khusus bagi kaum perempuan jangan suka pake perhiasan yang banyak dan keliatan mahal di angkot. karena selain bikin lo keliatan kayak toko perhiasan berjalan atau orang norak lo juga bisa kena tindak kriminal kayak pencopetan, perampokan, atau pencopetan perampokan yang berujung ke pemerkosaan kalo lo lagi apes
  • simpan barang pribadi di tempat aman. barang pribadi yang mahal kayak handphone atau laptop, atau semacamnya lebih baik disimpan di tempat yang aman kayak di dalem tas, dan pastiin resleting tasnya ada di posisi aman, yaitu di posisi yang bisa lo jangkau pakai tangan dengan mudah

kalo boleh gw rekomendasiin. tipe penumpang angkot simpel adalah orang yang paling susah kena tindak kriminal di angkot karena penampilan dan pembawaannya yang sederhana gak bikin para kriminal berselera untuk jadiin dia korban. selebihnya tipe gadget freak, kalem, dan tukang dandan adalah tipe orang yang paling disukai sama para kriminal. tipe orang ingin tahu adalah orang yang paling cepet tahu gerak gerik para kriminal bahkan sebelum mereka beraksi, jadi dia adalah orang yang lebih waspada sama lingkungan sekitarnya.

kalo mau ngomongin tentang eksterior atau penampilan angkot, kota Padang adalah tempat yang paling tepat buat ngelihat banyak angkot dengan gaya modern khas mobil di pameran mobil balap. para sopir di Padang banyak modifikasi mobil angkotnya dengan berbagai macam desain keren abis, mobil yang dibikin ceper, velg yang keren dan bersinar habis…lo bakal bengong deh kalo liat angkot di sana.

Angkot Keren di Kota Padang cocok buat penumpang yang merasa dirinya GAUL

Angkot Keren di Kota Padang cocok buat penumpang yang merasa dirinya GAUL

sekarang gw akan ngobrolin mengenai interior angkot. kalo di Padang penampilan luar angkot yang keren harus seimbang sama dalemnya. gak jarang pak sopir nambahin berbagai macam pernak-pernik yang sesuai sama tema desain angkotnya. yang paling bikin heboh adalah mayoritas di sana banyak yang pasang speaker segede gaban tempur jadi kalo capek habis seharian narik angkot, malemnya bisa kumpul sama temen-temen sambil dugem di tempat kumpul mereka.

Speaker Segede GABAN di Angkot, manteb dah pokoknya...

Speaker Segede GABAN di Angkot, manteb dah pokoknya...

kalo di Jabodetabek banyak juga yang punya speaker segede gaban, dan kalo suasana udah malem mereka bakal nyalain lampu khusus biar penumpang lagi merasa kayak di klub malem. seru deh pokoknya kalo lo naik angkot yang kayak gini….!!

tapi gak jarang juga loh, di samping angkot yang keren abis kayak di atas, ada juga angkot yang udah rapuh banget. udah penuh karat di sana sini, dan kebanyakan ada yang nyalain angkot tanpa kunci tapi pake obeng…ngeri gak sih lo ? udah gitu kalo lagi jalan mobilnya suka ada bunyi berdecit gitu, gw yakin kalo lo kebetulan naik angkot kayak gini, pastinya bisa bikin lo jadi orang yang selalu ingat ajal kayaknya.

QR Code:

QR Code

QR Code

6 thoughts on “Ngobrolin Angkot

  1. naahh coba lo bayangin kalo mereka semua barengan dalam satu angkot yg ada speaker segede gaban itu..?? meriah ga sih kira2 hidup lo?😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s