Siap-Siap Jadi Google Addict


Google Addict

artinya adalah seorang pecandu Google. kalo secara harfiah artinya adalah orang yang sangat bergantung (hidupnya) dengan Google.

Google adalah salah satu mesin pencari atau search engine yang bermarkas pusat di Mountain View, California. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih jadi mahasiswa di Universitas Stanford. pada awalnya Google hanya berbentuk sebagai mesin pencari aja kalo misalnya lo mau cari informasi apa bisa dibantu sama Google untuk kasih info dari website mana yang tepat untuk lo. Google juga dulunya lebih fokus sama produk periklanan online-nya doang jadi kalo lo mau jualan satu produk bisa dibantu juga sama Google untuk dipasarkan secara luas, baik secara global maupun regional doang untuk cakupan satu negara.

Seorang Pecandu Google

Gw Seorang Pecandu Google

tapi kini Google udah mulai merambah ke segala hal. gak hanya sebagai mesin pencari atau periklanan, sekarang Google banyak merambah ke hampir semua lini kehidupan sehari-hari lo di internet.

jadi siap-siap ya kalau suatu saat nanti hidup lo akan sangat dipenuhi dengan produk Google, mulai dari mesin pencari, iklan, e-mail, jejaring sosial, blogging, sampai kehidupan belanja lo sehari-hari !

SpidolBekas kali ini akan membahas mengenai sekuat apa sih Google jaman sekarang yang menurut gw bisa sangat berkuasa di dunia internet. semua kegiatan kita sehari-hari di internet mungkin gak bisa lepas dari si Google satu ini. karena semua jenis produk atau layanan berbasis internet udah banyak dikuasai oleh Google. mungkin di masa depan nanti lo akan dikira seorang Google Addict gara-gara apapun yang lo akses di internet dan apapun yang lo lakuin di kegiatan komunikasi berbasis sama Google.

Search Engine

Google Search Engine and Images

Google Search Engine and Images

kalau untuk yang satu ini udah gak perlu diraguin lagi deh. sebelumnya gw pernah ngebahas masalah ini di artikel Google VS Yahoo versi search engine-nya cek aja di sini. kalau secara trafik situs mesin pencari Google.com lebih menang banget ketimbang saingan beratnya Yahoo.

untuk segi rating dunia menurut Alexa.com Google menempati urutan pertama dan Yahoo menempati urutan keempat setelah digilas oleh Facebook dan Youtube (anak perusahaan Google) di urutan ketiga dan keempat.

selain itu banyak orang dan temen-temen gw sendiri lebih percaya dan bergantung hidupnya untuk masalah mencari informasi di internet pakai Google. kalo masalah Yahoo biasanya mereka jarang pake entah kenapa, bahkan kalo ada yang nyari pake Yahoo jaman sekarang bisa aja dibilang aneh karena sosok Yahoo untuk beberapa orang di negeri ini sangat kental dengan layanan e-mail bukan search engine.

lo pasti gak asing kan dengan kalimat “tanya aja sama mbah Google” ? nah kalimat itu emang seakan-akan udah memperkuat brand postioning (yang terlalu kuat) untuk Google sebagai mesin pencari informasi atau apapun di internet. dan kalo lo mau cari bahan gambar atau wallpaper bagus untuk lo sendiri bisa juga akses Google Images.

E-Mail

Google udah lama punya layanan e-mail untuk penggunannya dengan nama Gmail atau mungkin kepanjangan dari Google Mail. popularitasnya di Indonesia mungkin masih sedikit daripada Yahoo karena emang Yahoo duluan yang punya layanan ini.

Gmail

Gmail

tapi kalo dari segi performa udah banyak orang yang acungi jempol sama Gmail, termasuk SpidolBekas sendiri. kemampuan unggah dan unduh file untuk attachment Gmail lebih stabil daripada Yahoo. dan jarang sekali e-mail yang dikirim gagal di tengah jalan atau gak bisa kekirim sama sekali. udah gitu pengguna Gmail dimanjakan dengan banyak aplikasi tambahan yang bisa membuat kegiatan mengirim, menerima, dan mengelola e-mail jadi lebih menyenangkan.

di Gmail ini sendiri lo juga bisa bikin tugas bareng temen-temen lo via Google Docs. dengan layanan ini lo bisa bikin satu tugas kelompok bareng-bareng walau jarak lo berjauhan.

Social Networks

Google+

Google+

baru-baru ini Google meluncurkan Google+ yang diklaim mampu memadukan berbagai kelebihan yang dimiliki jejaring sosial jaman sekarang. ditambah lagi Google+ memiliki keunggulan di segi privasi.

Google memang sejak dulu banyak mencoba memiliki jejaring sosial, ambil contoh aja Google Buzz, dan beberapa jejaring sosial yang pernah diakuisisi sama Google kayak Aardvark; layanan berdasar lokasi, Dodgeball, dan microblogging Jaiku. tapi semuanya berakhir pada kegagalan dan langsung ditutupnya jejaring sosial itu kecuali Google Buzz yang sekarang masih ada tapi masih sangat sepi peminat dan terancam gagal total.

Google punya rencana untuk membeli Twitter. Ada kemungkinan Google akan menggelontorkan dana segar sebesar US$ 8-10 miliar atau Rp 68-85 triliun untuk akuisisi Twitter. banyak pertimbangan untuk membeli Twitter diantaranya Twitter punya 300 juta pengguna hingga bulan Mei lalu, sedangkan Google+ masih punya 25 juta anggota, bukan pengguna. selain itu postingan di Google+ kabarnya menurun sebesar 41 persen pada dua bulan terakhir, hal ini menurut gw karena Google+ belom bisa dipake sama semua orang, masih dalam tahap uji coba yang lama sekali.

gw punya akun di Google+ tapi karena sedikit temen gw yang bisa pake jadinya jarang banget ada status terbaru dari temen-temen gw. jadi gw lama-lama makin males main Google+.

Browser Internet

Google Chrome

Google Chrome

Google meluncurkan browser Google Chrome yang saat ini gw klaim sebagai browser internet terbaik yang pernah gw pake. Google Chrome punya banyak kelebihan di antaranya: tampilan yang lebih sederhana dan ‘luas,’ kecepatannya lebih stabil, keamanannya lebih baik (seimbang sama Mozilla Firefox), ditambah lagi banyak aplikasi open source yang bikin kegiatan internet lo semakin menyenangkan.

baru-baru ini Google Chrome meluncurkan iklan pertamanya di Indonesia yang bikin banyak orang tersentuh dan merinding sampe sekarang. ditambah lagi iklannya masih jadi topik perbincangan hangat di dunia maya. banyak orang menyukainya.

Portal Video Youtube

Youtube SpidolBekas

Youtube SpidolBekas

Google semakin merajai sistem pencarian segala hal di dunia internet dengan mengakuisisi Youtube. Youtube adalah termasuk jejaring sosial yang berfokus untuk menyebarkan berbagai macam hal melalui video.

jaman sekarang banyak orang yang kalo mau cari bahan untuk video band musik favoritnya, kegiatannya, dan berbagai momen khusus langsung ke Youtube. bahkan ada acara di tv swasta nasional yang punya acara khusus menampilakan berbagai hal unik yang dikemas dalam bentuk video yang diambil dari Youtube.

Youtube bahkan bisa jadi sarana promosi juga loh. misalnya kalian punya bisnis dan mau pasarin produk, ya tinggal rekam aja terus masukin ke Youtube. bahkan ada orang-orang yang jadi terkenal gara-gara video uniknya di Youtube, conthonya: Udin Sedunia, Briptu Norman Kamaru, dan Shinta Jojo.

Google Android

Android

Android

Google kini merambah ke teknologi ponsel pintar dengan meluncurkan Android sebagai sistem operasi telepon selular. Android kini makin banyak dilirik sama banyak pengguna telepon pintar di dunia. alasannya karena Android bisa terintegrasi dengan semua akun Google lo dan semua aplikasi tambahan dan termasuk game bisa diunduh secara GRATIS karena memakai sistem open source.

di Indonesia sendiri Google Android masih terus berusaha bersaing dengan BlackBerry untuk masalah telepon pintar. BlackBerry kini masih unggul karena masalah BB Mesengger yang sangat menguntungkan bagi sebagian orang. tapi Android ternyata juga punya layanan sejenis yang bisa benar-benar gratis misalnya melalui Gtalk (layanan chatting Google) atau What’s App. kalo disuruh milih mungkin gw akan pilih Android karena gratisnya itu, hehe.

Google Maps

bingung cari alamat calon mertua ?? haha gak usah bingung lagi kalo mau cari alamat atau jalan karena sekarang udah ada Google Map yang bisa bantu lo temuin berbagai macam tempat dan jalan. cakupannya sekarang juga udah sedunia loh.

Google Maps

Google Maps

bahkan kalo lo berencana mau narsis lo bisa tuh daftar di Google.com/places yang kemudian lo bisa masukin alamat tinggal lo. jadi kalo ada temen yang mau tahu di mana rumah lo, tinggal kasih aja url alamat rumah lo dari Google Maps.

Blogging Service

Blogger

Blogger

kalo lo punya hobi nulis mungkin lo bisa coba Blogspot. Blogspot yang disebut Blogger adalah layanan Blog khusus pengguna Google. sekarang kalo lo punya akun Google lo juga bisa akses ke Blogger, jadi kalo ada blog orang yang pake Blogger lo bisa kasih komentar atas nama akun lo sendiri.

Blogger punya kelebihan daripada pesaing ketatnya WordPress, yaitu bisa dipasang java script dan bisa diutak-atik halaman blog-nya kalo lo ngerti bahasa HTML gitu lah. terus bisa pasang banyak aplikasi di sana. tapi gw tetap pake blog dari WordPress karena performa stabil, lebih hemat kuota, dan statistiknya lebih baik.

Google Translate

Google Translate

Google Translate

yang satu ini termasuk idola gw waktu kerjain tugas kuliah. Google Translate adalah layanan translate atau alih bahasa yang bisa terjemahin semua tulisan dari bahasa asing di dunia ke bahasa yang lo pengen.

biasanya Google Translate banyak digunain pelajar untuk terjemahin informasi dari bahasa asing ke bahasa Indonesia. selain itu kalo lo pake Google Chrome, Google Translate udah terintegrasi otomatis sama browser. jadi, kalo lo lagi akses situs yang pake bahasa asing, lo langsung bisa translate bahasanya ke bahasa yang lo mau. Google Translate bisa diakses di sini.

Google Web Service

Google Analytic

Google Analytic

lo punya web sendiri ? pastinya gak asing lagi dong dengan berbagai macam layanan Google untuk web mulai dari Google Analytic, Google Adsense, sampai Google Keyword Tool. pastinya lo gak asing lagi karena semua kegiatan lo mulai dari monitoring trafik web lo sampai minta bayaran hasil iklan yang dipasang via Adsense.

Google Chromebook

perangkat Google satu ini adalah semacam notebook atau laptop kecil yang khusus digunakan khusus dengan mengoptimalkan penggunaan internet atau browser Chrome. di mana hampir semua kegiatan setiap orang banyak dihabiskan dengan berselancar di internet.

Google Chromebook

Google Chromebook

banyak kan kegiatan kita di internet, seperti: kirim e-mail, cari data, atau ngobrol sama temen-temen di dunia maya. nah dengan Chromebook ini lo bisa bebas ngapain aja di internet tanpa harus nungguin laptop lo booting lamaa terus tunggu konek ke internet…duh ribet ya

jadi bagi lo semua para blogger, kalo lo punya Chromebook dan tiba-tiba lo punya ide untuk tulisan baru lo. yang perlu lo lakuin adalah tinggal nyalain Chromebook lo dan tunggu 8 detik maka lo akan langsung nyambung ke internet, lo gak butuh lagi tunggu lama proses booting bro.

Google Wallet

Google baru meluncurkan layanan terbarunya bernama Google Wallet. Layanan ini bisa bikin penggunanya melakukan pembayaran dengan ponsel pintar.

Google Wallet

Google Wallet

Google Wallet sudah bisa digunakan sejak Senin 19 September 2011 kemarin dan hadir pertama kali khusus untuk Samsung Nexus S. kalo lo mau pake Google Wallet, pertama yang harus lo lakuin adalah memasukkan PIN untuk mengaktifkan cip yang ditanam pada smartphone. Setelah cip aktif, akan terjadi transmisi antara antena Near Field Communication (NFC) dan Paypass Terminal yang berfungsi sebagai mesin pembaca di kasir, sehingga pembayaran dapat dilakukan.

jadi setidaknya kini Google udah mulai merambah bisnis sampai ke kegiatan dasar kita sehari-hari yaitu “membeli sesuatu.”

kebayang kan setidaknya Google udah banyak produk yang bisa kita pake untuk kehidupan sehari-hari di internet. bahkan sampe ke dunia komunikasi via telepon selular kini Google udah mulai punya ancang-ancang ke arah sana.

bisa bayangin kan gimana Google yang semula cuma sekedar mesin pencari dan iklan bisa membuat banyak hal di atas. jadi jangan salah kalo di masa depan nanti bakal banyak Google Addict di dunia ini.

Salam SpidolBekas !!

 

QR Code:

QR Code

QR Code

5 thoughts on “Siap-Siap Jadi Google Addict

  1. Pingback: Pinternya mbah Google | Ari Dwi Prasetyo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s