Sebuah Tragedi Nama Pasaran


sebuah tragedi ?? iya…

bikin gw prihatin ?? iya juga sih…

kenapa ?? ini alasannnya….

setiap orang yang lahir di muka bumi ini pasti punya nama, entah nama itu dikasih sama orangtua atau sama orang lain. atau bahkan sekedar nama panggilan akrab dari temen-temen lo atau nama yang lahir karena satu ‘kekurangan’ atau ‘kelebihan’ yang ada di diri lo.

Siapa Nama LO ??

Siapa Nama LO ??

biasanya kebanyakan orangtua kasih nama anaknya yang baru lahir dengan nama yang cakep2, pokoknya kayak yang punya arti gitu lah. terus sebagian ada juga tuh yang kasih nama sesuai dengan kepercayaan atau agamanya. tapi ada juga loh orang yang kasih nama anaknya dengan nama yang sederhana sampai nama yang ikut-ikutin idola orangtuanya, nama artis misalnya.

menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “nama” artinya adalah kata yang digunakan untuk menyebut atau memanggil orang (bisa juga tempat, barang, dan sebagainya). nama seseorang biasanya banyak yang sama dengan orang lain, ya mungkin kalo gak karena lagi jadi trend bisa jadi karena orangtuanya punya pemikiran yang sama.

sebuah nama ada yang punya konotasi yang keren tapi juga ada nama yang punya pencitraan yang negatif jadi bikin gw prihatin…yaitu misalnya:

misalnya adalah nama Bunga, Mawar, atau Melati…

lah kenapa emangnya ??

gini…lo pernah gak baca berita-berita gitu, berita kriminal lah biasanya. nah kalo di berita kriminal kan biasanya gak mungkin nama pelaku atau korbannya disebut secara jujur berharfiah, jadi biasanya beberapa orang dan media menyamarkan nama sebenarnya dengan nama samaran. kebanyakan nama samaran yang dipake adalah itu dia…Bunga, Mawar, atau Melati.

biasanya kalo di berita kriminal nama Bunga, Mawar, atau Melati biasa dipake sebagai nama samaran korban, kebanyakan juga jadi korban yang gak enak-enak..mulai dari korban penipuan, pencurian, pelecehan seksual, pemerkosaan, sampai pembunuhan.

duh gila ye nama mereka tuh ternyata udah dari dulu dipakai sebagai nama samaran. jadi, kalo misalnya lo lagi becanda sama temen-temen lo dan lagi ngebahas nama samaran atau kasus kriminal, pasti temen-temen lo sangat familiar dengan nama Bunga, Mawar, atau Melati.

biasanya sih temen-temen lo bakal ngecengin “sebut saja namanya Bunga…”

kebayang gak sih kalo misalnya lo adalah sang pemilik nama yang sering dikonotasikan sebagai korban kriminal ? atau misalnya lo punya sodara atau anak lo sendiri yang punya nama itu ?

Contoh Nama Samaran yang Bikin SpidolBekas Prihatin

Contoh Nama Samaran yang Bikin SpidolBekas Prihatin

gimana coba perasaan lo sendiri, kalo itu menimpa lo ?

honestly, gw sempat berpikir untuk gak kasih nama anak gw nanti dengan nama pasaran yang banyak digunakan sebagai pertanda hal negatif kayak gitu. mungkin gw akan lebih selektif memilih nama untuk anak gw kelak.

Saran Dari SpidoBekas

saran dari gw sih, khususnya untuk para media massa, udah deh ilangin kebiasaan pilih nama samaran untuk korban-korban gitu. kasian menurut gw untuk orang yang punya nama yang sama kan.

kalo bisa mulai dari sekarang, lebih baik pake inisial aja ya … misalnya kalo ada Bambang Hari Pamungkas mending disingkat atau dikasih inisial BHP kalo emang orangnya gak mau namanya dipublikasikan luas di media massa.

Info penting buat lo semua yang misalnya mau cari arti nama lo sendiri atau mau cari-cari nama untuk seseorang spesial lo, coba aja buka link website ini: Arti Nama

 

QR Code:

QR Code

QR Code

2 thoughts on “Sebuah Tragedi Nama Pasaran

  1. Atau media massa kalau mau cari nama samaran, jangan nama bunga, cari nama lain, misalnya nama buah. “seorang korban perkosaan, sebut saja namanya durian”. gmn pendapat Anda?.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s