Rendang: World’s most delicious food


siapa bilang keunikan dan kekayaan kuliner Indonesia cuman cocok untuk lidah lokal ? gak juga tuh.

buktinya rendang sebagai makanan tradisional khas Sumatera Barat baru-baru ini dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia. rendang mampu mengungguli semua kompetitornya dari negara lain seperti: mie ramen, sushi, bebek peking, dim sum, cheeseburger, kebab, hingga lasagna.

Rendang Asli Indonesia

Rendang Asli Indonesia

rendang dianugerahi sebagai makanan terlezat di dunia oleh CNNgo.  rendang bersaing dengan 50 makanan lain yang sudah sangat terkenal di dunia. proses pemilihan makanan terbaik dilakukan melalui jajak pendapat yang melibatkan 35.000 responden di seluruh belahan dunia. jajak pendapat ini dilakukan oleh CNN International.

Apa itu Rendang ?

rendang adalah makanan tradisional yang terbuat dari daging sapi sebagai bahan utamanya dengan ditambahkan santan kelapa. selain itu juga banyak dipadukan dengan bahan lain seperti cabe, lengkuas, bawang, dan masih banyak bumbu lainnya.

sebenarnya untuk di Indonesia sendiri banyak jenis rendang. tapi yang paling terkenal dan mampu masuk sebagai pemenang makanan terlezat di dunia adalah rendang khas Sumatera Barat. rendang dari Sumatera Barat mempunyai tekstur warna yang lebih hitam daripada rendang jenis lainnya. selain itu dari rasa rendang Sumatera Barat punya rasa yang lebih pedas dan lebih terasa bumbu rempahnya.

Filosofi Rendang

Rendang memiliki posisi terhormat dalam budaya masyarakat Minangkabau. Rendang memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Minang Sumatra Barat yaitu musyawarah. nah alasannya adalah karena:

  1. Dagiang (Daging Sapi), merupakan lambang dari Niniak Mamak yang berarti para pemimpin suku adat
  2. Karambia (Kelapa), merupakan lambang dari Cadiak Pandai  alias kaum intelektual
  3. Lado (Cabai), merupakan lambang Alim Ulama yang pedas, tegas untuk mengajarkan nilai agama
  4. Pemasak (Bumbu), merupakan lambang dari keseluruhan masyarakat Minang.

Resep Memasak Rendang 

berikut ini resep untuk memasak rendang khas Minang yang gw dapet dari RendangMia. waktu yang dibutuhkan untuk masak rendang biasanya sampai 8 jam loh…berikut ini bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1,5 Kg daging sapi
  • 12 gelas santan kelapa
  • 2 biji asam kandis
  • 1 batang serai yang di memarkan
  • 1 lembar daun kunyit
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • Garam Sesuaikan dengan selera
  • 1 ons cabe merah (dihaluskan)
  • 15 buah bawang merah (dihaluskan)
  • 6 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 5 buah kemiri (dihaluskan)
  • 2 cm jahe (dihaluskan)
  • 3 cm laos tidak perlu dihaluskan hanya ditumbuk asal saja
cara memasaknya adalah:
  1. Daging dipotong sesuai selera. gak usah terlalu besar dan kecil…ukuran sedang aja
  2. Rebus santan dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan bersama daun-daun dan asam kandis
  3. Aduk terus sampai mengental agar santannya tidak pecah. Kalau sudah mulai keluar minyak masukan potongan-potongan daging yang sudah lo iris
  4. Aduk terus dan dimasak dengan api sedang. Untuk tekstur daging rendang yang tampak hitam, lo bisa kecilkan apinya sambil dimasak perlahan.

tips memasak rendang yang baik adalah:

  1. 1kg daging, dengan kelapa 3 butir dibuat santan kental, jadi kalau lo ingin menyajikan 1,5 kg sebaiknya menggunakan 5 butir kelapa agar santan terasa lebih kuat.
  2. Ditambahkan 3 lembar daun salam, juga untuk serai ditambah jadi 2 batang, daun jeruk ditambah menjadi 4 lembar
  3. Ditambah 2 sdm (sendok makan) kelapa parut sangrai digiling halus hingga keluar minyak
  4. Sedikit gula (bila suka), khususnya saat menggiling cabai
  5. Ingin memperkuat rasa? tambahkan sarat bumbu, cabe, bawang putih & merahnya boleh ditambah lagi
  6. Supaya rasa bumbu lebih meresap, sebaiknya daging diungkep bersama dengan semua bumbu dan daun, setelah air daging mengering  masukan santan, diaduk sampai mendidih.
  7. Ingin tekstur daging menghitam ala rumah masakan padang ? kecilkan api, masak sampai bermiyak (hitam) dengan sekali-sekali diaduk agar tidak lengket & matangnya merata.
  8. *PENTING, jangan gunakan kelapa gonseng agar ketahanan masakan rendang padang lebih panjang, meskipun lebih menyita tenaga namun hasilnya jelas lebih berkualitas.

rendang ini tanpa bahan pengawet buatan, tapi pake bahan yang alami yaitu asam kandis. masukan asam kandis jangan terlalu banyak 2 atau 3 butir aja ntar malah terlalu asam jadi gak enak kan. kalo lo mau bikin rendang khas Minang yang warna hitam itu jangan pake kunyit.

Rendang Warisan Budaya Indonesia

makanan satu ini paling mudah ditemukan di semua rumah makan padang di Indonesia. rendang paling enak dipadukan dengan nasi padang yang kaya akan kuah dan nasi hangat.

apalagi kalo rendang dimakan di siang hari sambil ditemani segelas es teh manis. pastinya udah bisa bikin lo ngiler kan…gw aja udah ngiler daritadi.

yang gw baca di salah satu Artikel ternyata Burger King pada tahun 1987 pernah membuat burger yang isinya rendang loh. usul dari gw ayo kita lestarikan rendang ini, jangan sampe diakuisisi sama negara Mal*ysia yang udah banyak ‘mencuri’ budaya bangsa kita.

Makanan Terlezat Lainnya Dari Indonesia

gak hanya Rendang doang loh yang menjadi makanan terlezat di Indonesia. ternyata kita juga menyumbangkan 2 makanan favorit lainnya loh…Nasi Goreng khas Indonesia menduduki urutan kedua makanan terlezat di dunia.

Nasi Goreng Indonesia mampu mengalahkan Nasi Goreng Khas Thailand yang berada jauh di urutan ke-24. selanjutnya Sate menjadi makanan terlezat di dunia untuk urutan ke-14.

nah sekarang udah tahu kan kalo Indonesia itu kaya akan wisata kulinernya. jadi jangan ragu promosiin kekayaan kuliner negara kita ke temen-temen, baik di dalam maupun di luar negeri.

QR Code:

QR Code

QR Code

One thought on “Rendang: World’s most delicious food

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s