Iklan Google Chrome = iklan terbaik di Indonesia


speechless gw !!!

sumpah beneran gw gak bisa bilang apa-apa lagi sama iklan satu ini yang baru aja ditayangin sama Google Chrome, browser internet terbaik di dunia menurut SpidolBekas. baru kali ini seingat gw Google menayangkan iklannya di Indonesia. mungkin  ada kaitannya dengan langkah Google yang mau investasi di Indonesia kali ya ?

but anyway…kali ini SpidolBekas mau ngebahas mengenai iklan berdurasi satu menit yang mampu bikin banyak orang merinding seharian penuh (bukan gara2 sakit loh).

Browser Terbaik di Dunia

Browser Terbaik di Dunia

oke pembahasan pertama dari iklannya adalah mengenai maksud iklan itu sendiri. iklan Google Chrome ini punya tagline yaitu “jadikan internet seluas kreasimu.” iklan ini menurut pengamatan gw adalah bagian dari kegiatan kampanye produk Google Chrome yang biasanya memang bertujuan utuk promosi dan menaikan penggunaan browser Google Chrome di Indonesia. tapi walau tujuannya kelihatan komersil tapi karena dikemas secara apik dan menyentuh sisi kemanusiaan dan emosional banyak orang menganggap kalo iklan Google Chrome yang satu ini sangat menyentuh dan membuat banyak merinding melihatnya, jadi melupakan sisi komersialitas dari sebuah iklan.

iklan Google Chrome di Indonesia punya dua versi, versi pertama mengangkat sisi kemanusiaan dan patriotisme seorang Valencia Randa yang menggunakan browser Google Chrome untuk menjadi seorang perantara bagi orang-orang yang butuh donor darah dengan pendonor darah.

di iklan berdurasi satu menit itu Valencia menggunakan semua produk Google mulai dari Gmail, Blogspot, Youtube, browser, sampai Google+ untuk menyebarkan misi kemanusiaan untuk menjembatani orang yang membutuhkan donor darah dengan pendonor darah. dari sebuah akun Google Groups “Blood For Life” ia mencari orang-orang membutuhkan darah kemudian menyebarkan informasi tersebut ke anggota grup yang dia buat.

seorang bapak membutuhkan darah golongan O- yang sangat langka. kemudian ia meminta bantuan ke Valencia…gak berapa informasi menyebar di dunia maya dan disebarkan oleh banyak anggota grup. satu demi satu e-mail yang menawarkan golongan darah O- berdatangan di akun e-mail Valencia.

kini anak itu terselamatkan berkat sebuah langkah patriotisme Valencia. gw sebenarnya sempet bingung gimana cara gw nulis tentang iklan Google Chrome di blog gw ini, sampai gw sampaikan betapa bagusnya iklan Google Chrome edisi Blood For Life ini ke valencia melalui akun Twitter-nya (@justsilly). ternyata pendapat gw sama dengan dia karena dia juga merasa speechless dengan iklan itu saking bagusnya.

@bayuadhytia Samaaaa… Sampai sekarang saya belum nulis pun krn dadanya sesak karna haru, the video is awesome! yg bikinnya HEBAT! :’)”

begitulah tweet balasan dari Valencia ke SpidolBekas. berikut ini gw kasih liat iklan berdurasi satu menit yang mampu bikin gw merinding sampai saat ini. Valencia juga bikin akun Twitter untuk Blood For Life (@Blood4LifeID).

nah selain iklan Google Chrome versi Blood For Life ada juga versi lainnya yaitu edisi “Lia Tersayang” namun iklan ini adalah edisi bahasa indonesia dari iklan Google Chrome global yang dialih bahasa ke Indonesia. iklan original versi luar negerinya adalah Google Chrome: Dear Sophie.

iklan ini menceritakan figur seorang ayah yang bernama Dani Kusuma. dia membuat akun Gmail dengan nama lia.tersayang@gmail.com. kemudian melalui akun e-mailnya sendiri ia mengirimkan momen-momen spesial tentang anaknya dan langsung dikirim ke lia.tersayang@gmail.com. dia berharap semoga di masa depan nanti dia bisa kasih lihat akun itu ke anaknya jika dia sudah besar, untuk menunjukan betapa besar kasih sayangnya ke anaknya itu. langkah ini mungkin akan banyak menginspirasi kaum ayah di dunia untuk bisa lebih banyak mencintai buah hatinya.

iklan versi ini lebih banyak menyentuh sisi emosional. gw sempat terharu melihat iklan ini. gw juga punya angan-angan untuk melakukan hal yang sama ke anak gw nanti untuk menunjukan betapa besar rasa sayang gw. *tears

berikut ini iklan Google Chrome edisi Lia Tersayang.

sangat mengharukan, iklan terbaik di Indonesia, inspiratif, iklan yang humanis, iklan terbaik yang pernah dilihat…berbagai macam tanggapan gw baca di situs Kompas.com yang membahas mengenai iklan dua Google Chrome ini. baca artikelnya di sini >>> Iklan Google Chrome Angkat Sisi Kemanusiaan

 

gw harap kedepannya di Indonesia bakal lebih banyak lagi iklan inspiratif yang mampu mengangkat sisi kemanusiaan dan menyentuh sisi emosional setiap orang seperti iklan Google Chrome di atas.

QR Code:

QR Code

QR Code

9 thoughts on “Iklan Google Chrome = iklan terbaik di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s