Get Riedl Back Please !!


jujur sebenarnya gw bukan pecinta dunia sepakbola, apalagi kalo bisa dibilang pengamat, makin gak mungkin lagi. gw adalah satu-satunya (mungkin) orang yang bakal diem seribu bahasa kalo ada temen2 gw ngebahas sepakbola mulai dari liga inggris, spanyol, Italia, sampe liga Indonesia.

kalo lo liat atau sekedar cek beberapa artikel gw di blog ini mungkin kebanyakan bercerita tentang balap motor MotoGP. tapi jangan salah ya gini2 gw juga ngerti sama yang namanya sepakbola. kalo ditanya sama temen tentang tim sepakbola favorit gw, gw akan tegas menjawab Barcelona dan Timnas Indonesia.

sayangnya kedua tim favorit gw punya beda prestasi jauh…belakangan ini yang gw tau Barcelona lagi heboh-hebohnya jadi juara tapi beda sama Timnas Indonesia. akhir2 ini gw melihat pertandingan sepakbola timnas udah mulai ‘loyo’ dan gak ada semangat tempur.

Alfred Riedl masih jadi pelatih timnas favorit SpidolBekas

Alfred Riedl masih jadi pelatih timnas favorit SpidolBekas

sampai pada satu kesimpulan semenjak pelatih timnas diganti tanpa alasan yang jelas dan terkesan dibuat-buat kayaknya prestasi dan semangat tempur tim garuda jadi mandek. pelatih timnas diganti dari Alfred Riedl jadi Wim Rijsbergen.

kemarin semenjak ketua PSSI baru kepilih tiba2 aja Alfred Riedl diganti padahal sih kalo dari segi performa gak ada yang salah dengan Riedl, bahkan gak jarang juga rakyat Indonesia ucapin terima kasih ke Riedl di jejaring sosial Twitter, bahkan pernah sampe jadi trending topic sedunia. alasan dipecatnya Riedl gara2 pengurus PSSI baru gak nemuin surat kontrak Riedl sama PSSI sebagai pelatih. ya kalo dipikir pake akal sehat dari gw seorang yang buta olahraga sepakbola aja masih bisa mikir pake akal sehat gimana bisa pelatih udah lama kerja tapi gak ada suratnya. alasannya menurut gw aneh bin udik.

puncak kekesalan gw sampe menurunnya kualitas pemain timnas adalah saat di mana Indonesia harus bertanding melawan Bahrain di proses kualifikasi pra-piala dunia 2014. banyak pemain idola gw diantaranya seperti okto gak main, entah kenapa alasannya. peran okto malah diganti sama boaz yang jelas udah gw cap sebagai pemain yang gak disiplin.

yak disiplin…inti dari sebuah tim sepakbola adalalh disiplin. gw liat sih kekurangan yang dimiliki sama timnas Indonesia ya disiplin nya itu. dan figur yang menurut gw paling cocok untuk menggembleng disiplin skuad garuda saat ini baru Riedl doang. selain itu menurut beberapa sumber yang gw baca, Riedl mampu menjadi sosok ayah yang mampu menyemangati anaknya disaat anaknya sedang terpuruk. beda banget sama Wim yang justru menghina timnas saat mereka terpuruk.

begini ceritanya. saat pertandingan melawan Bahrain di kualifikasi piala dunia, saat turun minum alias istirahat, Indonesia ketinggalan 1-0 dari Bahrain. tapi menurut sumber yang gw baca Riedl tahu kalo ternyata Wim sempet menghina dan menjatuhkan mental timnas dengan kata-kata kasarnya.

Dia berteriak “f*ck you all, apabila kalian tidak bermain baik di babak kedua saya akan tendang kalian semua dari tim ini” [If you don’t play better in the second half I will kick all of you out.]

begitulah kata-kata kasar yang gak pantas diucapkan oleh seorang pelatih dikala timnya sedang kesulitan. udah gitu yang gw denger ada 7 orang pemain yang boikot bertanding lagi untuk timnas kalo pelatihnya masih dipegang sama Wim.

ya bisa gw bilang selain kurang di sisi disiplin pemain timnas Indonesia masih kurang juga di gemblengan mental. jadi kata-kata kasar kayak di atas pasti bisa nusuk di hati dan bikin down.

tapi gw gak bisa salahin timnas juga, karena Indonesia menjunjung tinggi budaya timur yang sopan dan suportif. lain masalahnya kalo untuk orang budaya barat kayak Eropa dan Amerika mungkin kata kasar bisa bikin mereka semangat lagi dan merasa tercambuk untuk melakukan hal lebih baik, tapi ya kayaknya gak sekasar kata-kata dari Wim itu juga sih.

gw pengen Riedl kembali melatih timnas Indonesia.

walau bisa dibilang gak terlalu signifikan juga prestasi Indonesia yang didapat tapi paling gak Riedl mampu melatih timnas Indonesia untuk bisa lebih disiplin dan Riedl mampu menjadi seorang penyemangat dan sekaligus menggembleng mental para pemain.

yang selama ini gw liat pertandingan timnas ketika masih dilatih sama Riedl, para pemain sangat keliatan lebih bersemangat. penonton pun juga bisa merasakan semangat tempur mereka jadinya mendukung timnas di Gelora Bung Karno jadi lebih asik dan menyenangkan. tapi lain lagi kalo pas dilatih sama Wim, pemainnya jadi pada loyo dan gak semangat jadi gw sendiri pun males mendukung mereka. lebih asik gw nonton MotoGP aja deh liatin jagoan gw dari Tim Yamaha bersaing sama Tim Honda.

intinya dari tulisan ini adalah, gw pengen “Riedl Kembali Melatih Timnas”

bagi yang mau lihat profil lengkap Alfred Riedl silakan klik di sini.

dan bagi yang mau lihat kayak apa Wim Rijsbergen itu silakan klik di sini.

Artikel Terkait >> Timnas U-15 Juara Asia, PSSI Gak Peduli

 

 

QR Code:

QR Code

QR Code

5 thoughts on “Get Riedl Back Please !!

  1. memang kalo kata orang awam kayak saya, sekarang ini performa timnas SANGAT buruk.. padahal dulu sempat seneng sama aksi timnas di AFF, tapi sekarang ? ya gitu deh..

    Like

  2. Sepakbola nasional memang penuh kontroversi, pro dan kontra. Prestasi yang membanggakan menjadi sesuatu yang sulit untuk diwujudkan. Bang Alf Ried adalah satu dari sekian banyak pelatih yang mencoba menorehkan prestasi untuk timnas kita. Salam kenal mas Bayu🙂

    Like

  3. Namanya juga pengen perubahan yang dilakukan di negara kita, termasuk merubah yang sudah bagus. Sungguh malang nasib bangsa ini, perubahan seringkali ke arah yang g jelas. Kondisi yang sudah bagus saja di rubah apalagi yang jelek tapi sayang polanya yang salah.

    Like

  4. law kata orang serang sih (CUMA ENDAH DI ALEM DOANG,KITE KEH KETUE PSSI BARU TAK TUNJUK PELATIH SING BARU ENDAH LEBIH BAGUS,EEEEEEEEEH MALAH KEJEBLUS)tuman sire…………….. Wis dadi wong sing isinan baelah GANCANG MUNDUR AJE SUE-SUE NGURUSI PSSI,BOKAN TAMBAH ANCUR.

    Like

Leave a Reply

