Sinetron Indonesia: sekedar unek-unek gw


kali ini SpidolBekas tergerak hatinya untuk menulis bahasan tentang sinetron di Indonesia. sinetron di Indonesia walau banyak orang dan pihak sampai ormas (organisasi masyarakat) yang menuntut untuk menghentikan produksinya tapi sampai sekarang produksi sinetron tetap berjalan, bahkan belakangan ini jam tayang sinetron ditambah sampai gila-gilaan, bisa 3 jam sehari selama seminggu penuh. selain itu sinetron jaman sekarang juga didukung oleh ratusan episode yang bahkan bisa bikin orang bingung jalan ceritanya, karena sudah pasti muter-muter.

sinetron adalah kepanjangan dari sinema elektronik (sumber). kalau dalam bahasa inggris, sinetron biasa disebut sebagai Soap Opera (opera sabun). di bahasa spanyol sinetron disebut sebagai telenovela. istilah sinetron pertama kali dicetuskan oleh Soemardjono, salah satu pendiri dan pengajar di Institut Kesenian Jakarta.

sekarang gw mau ngomong lebih lanjut mengenai sinetron di tanah air ini sebagai kata sambutan di tulisan gw kali ini. pertama gw akan sampaikan turut berduka cita atas matinya kreatifitas dan kualitas sinetron belakangan ini, kira-kira sejak jaman milenium datang. kedua gw mau ucapkan bela sungkawa kepada para orang-orang yang gak bisa main jadi artis sinetron karena punya wajah yang pas-pasan kayak misalnya gw, dan ketiga yang terakhir gw mengucapkan terima kasih kepada sinetron jaman sekarang karena telah memberi banyak pelajaran kepada masyarakat di Indonesia mengenai cara memakai make-up yang baik dan menor untuk semua jenis keadaan.

Stop Sineteron Tak Berkualitas

Stop Sineteron Tak Berkualitas

kali ini gw akan mulai ulasan gw mengenai era kemunduran kualitas sinetron di tanah air tercinta ini dimulai dari :

Adegan TerSAMA

entah mungkin karena kehabisan ide atau apa maksudnya semua sinetron yang tayang di berbagai stasiun tv kini punya banyak adegan yang sama alias monoton antara satu sinetron dengan yang lain. misalnya:

  • pamer kendaraan mewah, setiap ada sinetron baru yang mau muncul biasanya ada seorang tampan atau cantik yang mengendarai mobil mewah yang bahkan gak dijual bebas di Indonesia. adegannya standar aja, antara nabrak pemeran utama sampai cipratin air ke pemeran pembantu
  • rebutan cowok ganteng, come onnn…walau gw gak segitu gantengnya untuk diliat setidaknya gw masih mikir apa ada cewek yang rela-rela dapetin cowok ganteng sampe rela kasih apa yang dia punya, bahkan sampe harga dirinya sendiri. cowok ganteng di dunia masih banyak, yang pas-pasan kayak gw juga masih ada…jadi buat apa juga terpaku sama satu orang doang
  • ngancam orang lain dengan suatu maksud, entah maksudnya apa tapi kebanyakan hal yang jadi ancaman adalah “jauhin farel, ato lo bakal tau akibatnya…” kayaknya se-ekstrem manusia jarang yang kayak begitu dah, apalagi kalo cewek cantik ngancem cewek yang pas-pasan, ya pikir aja pake akal sehat cowok itu bakal lebih milih yang mana
  • nangis, kalo yang ini gak usah dibahas lagi, semua sinetron udah pasti harus kudu wajib punya adegan nangis. entah nangis nya karena ditampar atau habis keluarga atau temennya dianiaya. so bagi kalian yang dianugerahi wajah rupawan dan ingin jadi artis sinetron, belajar jadi cengeng dari sekarang ya ?!
  • maki-memaki, setidaknya masyarakat bisa tahu gambaran ngaco dari sikap orang berada kepada orang yang kurang mampu melalui tayangan sinetron. anehnya, banyak juga teman2 gw yang bisa dibilang punya kemampuan materi yang berlebih tapi ya gak gitu juga tuh sikapnya ke orang-orang yang kurang di bawahnya. budaya gotong-royong dan ramah tamah bangsa Indonesia seakan dihancurkan dan diputarbalikan oleh berbagai adegan di sinetron
  • adegan rumah sakit, masih inget kan di atas tadi gw bilang biasanya ada adegan serempet atau tabrak pemeran utama ? nah setelah itu ujung-ujungnya pasti masuk rumah sakit, dan habis itu gak jarang pemeran utama yang sakit menerima berbagai macam tetes air mata, ancaman dibunuh, diracun, sampai ancaman dilepas selang infusnya, yang bahkan menurut gw gak bakal mati juga orang gara2 dilepas infus.

Lokasi Syuting TerSAMA

masih mengenai apa yang paling monoton dan harus ada di sinetron, kini beralih ke tempat syuting paling banyak dipakai oleh mereka yang suka dandan itu. di antaranya:

  • rumah mewah, ya pastinya ini harus ada di judul sinetron manapun juga. kan kebanyakan sinetron ceritanya tentang perlawanan hidup antara si kaya dan miskin. jadinya rumah mewah dengan perabotan rumah super elite udah jadi barang wajib. udah gitu penghuni rumahnya di dalam rumah harus terus pake gaun pesta yang super mewah dan anggun sekali, ya pokoknya bajunya itu bisa bikin lo ribet deh kalo mau ke kamar mandi. udah gitu penghuni rumahnya harus pake make up tebal dan lipstik mencolok lengkap dengan bulu mata lentik kapanpun dan dalam kondisi apapun di dalam rumah, bahkan kalo lagi tidur juga harus pake
  • rumah gubuk, kalo ada rumah mewah pasti harus ada rumah gubuk yang isinya barang-barang panci lusuh, kasur bolong-bolong, kursi reyot, sampe televisi mini yang gak punya saluran kabel, ya siapa tahu pemerannya bisa sambil ngeliat aktingnya di sinetron kalo waktu senggang sambil memuji-muji betapa cantik dirinya itu
  • sekolah super elite, nah gengsi gak sih kalo lo nempatin artis remaja yang cantik aduhai di sekolah yang biasa aja ? mungkin banyak sutradara sinetron yang berpikir demikian jadi gak salah dong mereka nempatin artisnya yang katanya mau sekolah di sekolah super elite. ups gak lupa juga dandanan make up tebal, rok sekolah mini, baju ketat jangkis yang harus dipake artis dan teman-temannya. walau menurut gw mana juga sekolah yang kasih ijin ke muridnya pake dandanan yang kayak begituan di sekolah
  • pinggir jalan (khusus adegan tabrakan), entah mungkin mobil jaman sekarang gak punya rem atau penyebrang jalan jaman sekarang yang gak punya budaya nengok kanan-kiri kalo mau nyebrang…kenapa juga jalanan sepi dan lega masih juga bisa nabrak orang. udah gitu kebanyakan orang yang mau ditabrak lebih banyak ‘usaha’ untuk nangis dan jerit-jerit daripada sekedar berdiri dan menghindar
  • rumah sakit, habis ditabrak masuk rumah sakit deh…sederhana ya ? ya seakan-akan masuk rumah sakit tinggal masuk aja gitu. terus habis itu setelah pemerannya masuk rumah sakit, udah sembuh, lo liat deh lagi2 wajahnya dikasih make up…sebenarnya apa sih tujuan make up di sinetron ? hancurin imajinasi aja sih….

Properti TerSAMA

lanjut ke barang-barang atau logistik yang wajib ada di sinetron, yaitu:

  • make up, gak heran sponsor paling tetap di produksi sinetron ya produk make up dan kecantikan dan kegantengan. gak boleh kalo gak ada make up…apapun kondisi artisnya mau lagi kecelakaan kek, mau lagi kelaperan kek, mau lagi ke kamar mandi kek, mau habis patah tulang kek…semuanya harus pake make up, maskara, lensa kontak warna-warni lengkap jangan ada yang kelewat
  • baju mahal dan baju lusuh, ini jelas baju mahal berwarna mencolok dan penuh dengan bling-bling perhiasan dari Tanah Abang harus ada. ahh…ditambah lagi baju lusuh yang udah sobek-sobek seakan memperlihatkan dan menonjolkan keseksian dari pemerannya, yang lebih keliatan kayak habis diperkosa
  • mobil mewah, sampai sekarang gw gak tahu darimana produsen sinetron dapetin mobil mewah, super mewah yang bahkan susah dibeli di dalam negeri…udah gitu mobilnya gak pernah kotor dan lecet sedikitpun walau udah banyak korban yang diserempet sama mobil itu
  • stryofoam…tulisannya udah bener belom ya ? ya pokoknya kalo lo sering liat Opera Van Java pasti tahu deh, nah kan jaman sekarang ribet tuh kalo mau mukul orang pake kayu beneran, terus kan ribet juga bawa-bawa batu gede buat getok kepala orang, jadi solusi praktis yang lebih ringan adalah dengan stryofoam yang keliatan banget kayak habis dicat terus keliatan kurang gahar untuk dijadiin senjata sama pria besar bertato.

sekianlah unek-unek gw mengenai kemunduran kualitas sinetron Indonesia yang diperparah dengan semakin gilanya jumlah episode yang ditayangkan, sampe nyentuh angka seribu episode (seceng episode).

gw masih sangat merindukan sinetron yang berkualitas sekelas Si Doel Anak Sekolahan yang sangat menginspirasi banyak orang. dengan kualitas filmnya yang menurut gw pantas diadu dengan sinetron lain di luar negeri.

banyak temen gw rekomendasiin kalo sekarang mau nonton sinetron yang berkualitas, bagusnya nonton sineteron kayak: Kiamat Sudah Dekat, Islam KTP, dan Calon Bini.  katanya sih latar belakang ceritanya kehidupan sehari-hari banget deh. karakter pemainnya dibawakan oleh pemain yang gak cuma andalin tampang doang, tapi kualitas akting.

udah dulu ah ngebacotnya,,,udah cape gw, bye !!

QR Code:

QR Code

QR Code

10 thoughts on “Sinetron Indonesia: sekedar unek-unek gw

  1. bener banget thuu!!
    aku lebih suka si Doel anak betawi ketimbang sinetron jaman skrang~
    mau thu sinetron si Doel anak betawi di ulang smpek berkali” jg aku seneng~
    klo sinetron jaman skrang udah gk berbobot~
    cmn bkin kaya artisnya aja, tpi gk ada pesan moral yg di sampaikan buat orang” yang nonton..
    ckckckck~

    Like

  2. Sinetron Indonesia ndak ada yg mendidik sama sekali, alur cerita hanya itu2 aja… percintaan, perselingkuhan, berebut harta dan yg pasti…cengen😀

    Like

  3. Begitulah, menjual mimpi & kemolekan. Menampilkan kontras ekstrim kaya, dan ekstrim miskin.
    Tidak bisa disalahkan, justru itu yang laku bagi selera publik Indonesia.
    Tanpa bermaksud rasis, itu juga ada pengaruh dengan pemilik rumah produksi yang cenderung berkiblat ke India, atau Korea.
    Salam kenal.

    Like

  4. yg pasti…crta’a ngalor ngidul kulon ngetan,,,dan pasti’a jg artis cilik jd terlihat dewasa sblum waktu’a….cpe deeehhh hehhehe

    salam kenal ya…hayuu kunjungi balik😀

    Like

  5. hihihi, hahaha, qqqq….lucu…jd ketawa bacanya…hadudu….isinya anak papi mami semua…ga mau keliatan kotor, maklum jaga imagenya yang keterlaluan tinggi banget….maklum produsernya kalo made in “Punjabi” punya ya kualitasnya bisa dibilang….hadewww plis deh Punjabi…kelaut aja loe…..

    Like

  6. Yahh.ketawa saja la wong televisi membuat acara yang gak becus. Malu saya.lebih enak nonton film india saja.lebih bagus walaupun sering juga bisa ditebak jalan cerita tapi segar melihat panoramma dan lagu 2 nya

    Like

  7. Betul… sekali sinetron sekarang tidak mendidik yang baik…. hanya iri dengki, rebutan pacar,, gagah gagahan, mewah mewahan,,,, NOL besar

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s