CEDS UI: UKM wirausaha untuk mahasiswa


tepat pada hari ini 8 September 2011, gw akan ngeposting tentang UKM (unit kegiatan mahasiswa) yang pernah gw ikutin di kampus gw Universitas Indonesia. gw udah ikut organisasi ini sejak tahun 2008 sampai tahun 2010.

CEDS UI adalah kepanjangan dari Center for Entrepreneurship Development and Studies-Universitas Indonesia, UKM atau organisasi tingkat mahasiswa ini adalah bentuk lain wadah bagi mahasiswa yang punya minat untuk belajar dan mengetahui seluk beluk dunia wirausaha, khususnya yang dijalani oleh kaum muda.

SpidolBekas dan Teman-teman dari CEDS UI

SpidolBekas dan Teman-teman dari CEDS UI

Center for Entrepreneurship Development and Studies-Universitas Indonesia atau yang disingkat sebagai CEDS UI adalah salah satu dari banyak sekali Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Universitas Indonesia (UI). UKM yang bersifat kemahasiswaan, kewirausahaan, kekeluargaan, dan sosial kemasyarakatan ini pertama kali berdiri pada 7 Juli 1998.

Logo CEDS UI

Logo CEDS UI

CEDS UI ini bergerak dalam bidang kajian dan pengembangan kewirausahaan untuk mahasiswa di dalam lingkup kampus Universitas Indonesia. Organisasi kemahasiswaan ini sebenarnya merupakan buah karya dari sekelompok mahasiswa yang saat itu memiliki semangat untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) di lingkungan kampus karena waktu itu mahasiswa UI mungkin masih sangat minim pengetahuannya tentang dunia wirausaha.

Visi CEDS UI adalah memberikan kontribusi terhadap pengembangan dan pengkajian kewirausahaan bagi mahasiswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. kemudian, misinya adalah menumbuhkan pengusaha Indonesia yang memiliki jiwa kewirausahaan, berkomitmen dalam lingkup sosial, mandiri dalam lingkungan bisnis yang kondusif, dan menjunjung tinggi etika bisnis.

Tujuan Organisasi:

Tujuan utama didirikannya CEDS UI adalah untuk mengembangkan jiwa dan kemampuan kewirausahaan di kalangan anggota pada khususnya dan mahasiswa pada umumnya. Selain itu, ada tujuan lain yang mendampingi tujuan utama CEDS UI yaitu:

  1. Meningkatkan kemampuan dalam identifikasi kekuatan dan kelemahan diri sebagai entrepreneur;
  2. Meningkatkan kemampuan dan kepekaan dalam menggali peluang bisnis dan merealisasikan ide bisnis;
  3. Meningkatkan kemampuan mengintegrasikan sumber daya secara inovatif;
  4. Meningkatkan penguasaan keahlian manajemen kewirausahaan;
  5. Membangun jaringan informasi bisnis mahasiswa dan merintis kerja sama dengan lembaga yang terkait dengan bidang kewirausahaan;
  6. Berupaya membangun aliansi strategis dunia usaha – dunia akademis.

Nilai-Nilai CEDS UI:

CEDS UI memiliki nilai-nilai yang dianutnya dalam mengembangkan kewirausahaan, yaitu PASSION. Nilai PASSION ini merupakan singkatan dari: Profesional, Attitude, Self-Starter, Sharing, Integrity, Optimist, dan Networking. Nilai ini yang mengarahkan organisasi ke arah yang lebih mandiri dan berbasiskan kompetensi.

Nilai-nilai tersebut menjelaskan bahwa untuk menjadi wirausahawan harus memiliki PASSION, karena:

  1. Profesional: Kita dituntut untuk menjadi seorang yang profesional dalam melakukan suatu kewajiban. Maksudnya kita harus dapat bersikap tepat janji, tepat waktu, dan berusaha memberi hasil yang terbaik dari suatu kewajiban yang kita lakukan;
  2. Attitude: Kita dituntut untuk aktif dalam bertanya dan aktif dalam mencari atau menemukan peluang untuk mengembangkan bisnis;
  3. Self starter: Kita dituntut untuk selalu mempunyai ide-ide atau gagasan yang menarik sehingga dapat membuat orang lain tertarik membangun hubungan bisnis dengan kita;
  4. Sharing: Kita dituntut untuk dapat menjadi pribadi yang terbuka. Kita harus dapat berbagi hal-hal positif tentang bisnis dan seluk beluknya kepada orang-orang di sekitar kita yang berminat untuk menjadi seorang entrepreneur;
  5. Integrity: Kita dituntut untuk mempunyai kejujuran yang tinggi. Karena dalam mengembangkan bisnis, kejujuran merupakan hal nomor satu. Bila kita mengembangkan bisnis dengan jujur, tentu partner bisnis kita tidak akan ragu untuk bekerja sama mengembangkan bisnis dengan kita;
  6. Optimis: Kita dituntut untuk selalu berpikir positif dalam mengembangkan bisnis. Jangan putus asa bila menghadapi suatu kegagalan bisnis;
  7. Networking: Kita dituntut untuk mempunyai 6 poin PASSION di atas sehingga kita dapat mempunyai hubungan relasi yang baik dengan orang-orang yang kita kenal maupun tidak kita kenal.

Kegiatan Rutin CEDS UI:

Kegiatan rutin dilaksanakan CEDS UI adalah Seminar Technobusiness, kunjungan wirausaha, dan Team Building CEDS UI.

Seminar Technobusiness 2nd

Seminar Technobusiness 2nd

Seminar Technobusiness adalah kegiatan seminar CEDS UI yang diselenggarakan khusus dengan tema mengkombinasikan teknologi dan dunia bisnis. Dengan kata lain, tema dari seminar Technobusiness adalah berbisnis dengan teknologi. Bidang teknologi yang lebih banyak disorot oleh seminar ini adalah teknologi internet. Pada tahun 2011 ini, kegiatan Technobusiness menginjak tahun ketiga kalinya diselenggarakan.

Kunjungan wirausaha ditujukan khusus untuk anggota CEDS UI. Melalui kegiatan ini anggota CEDS UI dapat belajar langsung mengenai bagaimana memulai usaha dan mengembangkannya. CEDS UI mengunjungi para pengusaha skala kecil menengah. Dari para pengusaha tersebut para anggota akan mendapat pelajaran bermanfaat bahwa tidak seharusnya sebuah bisnis harus dijalankan dengan modal besar.

CEDS UI Member Gathering

CEDS UI Member Gathering

Untuk mempererat tali kekeluargaan sesama anggota, CEDS UI sering mengadakan kegiatan Team Building. Pada kegiatan ini, semua anggota CEDS UI diajak untuk bertamasya bersama di tempat wisata. Kemudian, divisi Human Resources Development (HRD) mengadakan beberapa permainan untuk lebih memeriahkan suasana dan melatih kekompakan tim. Inti lain dari kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi kinerja pengurus dan anggota CEDS UI baik dari kepala divisi maupun para staf-nya.

jadi begitulah informasi singkat mengenai UKM atau organisasi yang pernah gw ikutin selama gw masih jadi mahasiswa di UI. walau awalnya agak canggung untuk masuk ke UKM ini tapi ternyata ketika gw udah masuk ternyata gw enjoy banget di sana. kenapa ? karena di CEDS UI suasana kekeluargaannya dapet banget, lo pastinya kayak merasa punya rumah kedua atau keluarga kedua kalo lo masuk UKM ini.

jabatan terakhir gw di CEDS UI adalah sebagai Dewan Penasihat…keren kan ? hehehe. yaa…tapi mau bagaimana lagi masa jabatan gw udah habis, dan gw udah lulus dari UI, alhamdulilah…tapi ya selama CEDS UI masih ada, gw akan tetap main ke sana lah.

so, bagi kalian misalnya yang mau tau lebih lanjut tentang CEDS UI main-main aja ke Gedung Pusgiwa UI lantai 1, Depok. dan bagi kalian mahasiswa baru Universitas Indonesia, apa salahnya coba untuk belajar jadi wirausaha kan ?

QR Code:

QR Code

QR Code

3 thoughts on “CEDS UI: UKM wirausaha untuk mahasiswa

  1. Kakak alumni Ceds UI jg ya? Ceds yg angkatan ke berapa? Aku anak Ceds juga loh kak.🙂 Tapi aku baru 1 tahun bergabung sm Ceds UI..istilahnya msh junior lah. Hhe.

    Like

  2. Trkaa :

    Kakak alumni Ceds UI jg ya? Ceds yg angkatan ke berapa? Aku anak Ceds juga loh kak. :-) Tapi aku baru 1 tahun bergabung sm Ceds UI..istilahnya msh junior lah. Hhe.

    udah 1 tahun di ceds ?? masa gak kenal saya ?

    saya masih sering main ke ceds, karena masih jadi dewan pengawas sampai sekarang

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s