Telur Ayam


kali ini SpidoBekas akan mencoba menjadi sedikit lebih ilmiah dengan bikin postingan yang berbau sains. tapi untuk permulaan gw bikin postingan di bidang sains gw mau mulai dulu dari ilmu pengetahuan di bidang makanan…tetep aja

gw akan mulai bahas mengenai telur ayam, yak telur ayam…khusus telur ayam bukan telur yang lain.

Telur sebuah persembahan dari AYAM

Telur sebuah persembahan dari AYAM

kebanyakan telur dari hewan jenis burung dan reptilia sebenarnya bisa aja dimakan semuanya. tapi ya lazimnya manusia biasa kebanyakan makan telur ayam, karena produksinya bisa cepat dan massal. jadi bisa stok banyak. yaa kebayang gak sih kalo lo makan telur buaya, udah ngambilnya harus taruhan nyawa, udah gitu sekali bertelur lebih dikit dia.

telur ayam biasa dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari, makanan pendamping, atau bahkan untuk obat. telur ayam disamping enak dan memiliki harga terjangkau, ternyata juga banyak memiliki manfaat di antaranya:

  1. mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap. gizi yang terkandung di dalam telur ayam per 100 gram-nya memiliki kandungan 174 kalori, 10,8 gram protein, 4,9 miligram zat besi, dan 61,5 gram retinol atau biasa disebut sebagai vitamin A. jadi bisa dibilang makan telur ayam sangat bermanfaat untuk anak-anak yang lagi di masa pertumbuhan
  2. membantu mengembalikan stamina tubuh. karena kandungan protein yang cukup jadi telur ayam bisa ‘kasih makan’ buat otot lo yang udah seharian capek beraktivitas, tapi gak begitu aja lo langsung seger, ya gimana juga tubuh lo butuh istirahat juga
  3. dapat membantu menyembuhkan penyakit jantung koroner, kencing manis, sakit di usus besar, atau maag. nah cocok nih buat penderita maag karena gw juga punya maag, setelah rutin makan telur ayam jadi sembuh
  4. protein sempurna untuk otot. nah ini dia khusus kaum lelaki yang masih merasa macho dan jantan, protein putih telur punya nilai biologis atau BV (bilogical value) yang paling tinggi kandungannya. jadi stop dreaming, feed egg up !
  5. mengurangi berat badan. tips untuk lo yang merasa agak ‘keberatan’ dari segi fisik dan hidupnya sarapan pake telur ayam bisa kasih tenaga untuk tubuh lo untuk membakar lemak dan kalori sambil bentuk otot lo. Sebuah penelitian di Pennington Biomedical Research Center membuktikan bahwa mereka yang mengonsumsi dua putih telur setiap pagi, berat badannya berkurang hingga 65% dan merasa lebih berenergi, daripada mereka yang hanya mengonsumsi roti biasa (sumber)

tapi ada yang perlu gw ingatkan ke lo semua, telur ayam kan punya kuning telur nya tuh. nah kuning telurnya ini punya banyak kandungan kolestrol, jadi waspada ya bagi lo yang punya hipertensi atau hiperkolesterol. khusus untuk yang lagi punya impian untuk punya badan atletis, gw saranin kalo makan telur, makan yang putihnya aja, terus lebih baik makan telur ayam yang direbus karena kalo digoreng pasti banyak minyaknya dah…gak bagus tuh. dan menurut info yang gw baca, telur yang paling bagus kualitasnya adalah telur ayam kampung.

nah bagi yang mau telur rebus, biasanya kalo dimakan dalam keadaan setengah matang katanya lebih bagus, tapi kalo gw biasanya makan telur rebus tiap malam, gw bikin sampe mateng, karena kalo setengah matang menurut gw cukup menjijikan, iuuuhh…

bagi lo yang mau bikin telur rebus yang sempurna matangnya, ini gw kasih tips untuk memasak telur rebus yang baik menurut gw:

Tips Merebus Telur Ayam:

  1. sebelum direbus, buat retakan kecil di permukaan telur (jangan sampe pecah, jangan terlalu besar juga retakannya). langkah ini gw lakukan supaya panas dari air rebusan nya bisa masuk ke dalam telur dengan sempurna
  2. isi panci lo dengan air mentah dan masukan telur ayamnya. usahakan 3/4 bagian telurnya tenggelam
  3. terus mulai proses rebusan dengan api yang sedang
  4. tunggu sekitar 15 menit, sambil dibolak balik telurnya biar bagian telur yang terapung di atas juga bisa dipanasin di bagian bawah air
  5. cek kalo retakannya makin besar berarti telur lo udah matang dengan baik
  6. gw biasa makan telur ayam rebus tiap malam ditambah sedikit garam sebagai sausnya, enak dah…apalagi kalo selain garam ada merica juga

konsumsi telur ayam bagus buat para kaum lelaki. karena kandungan proteinnya cukup banyak untuk perkembangan otot, menambah stamina, dan bisa bikin lebih perkasa, huehehe…

makan telur emang baik buat jaga kesehatan badan lo dan membuat lo terus bugar setiap hari, imbangin dengan konsumsi air putih yang banyak juga ya guys, untuk menetralisir racun-racun yang ada di dalam tubuh lo.

sekian info dari SpidolBekas…terima kasih sampai jumpa !!

QR Code:

QR Code

QR Code

4 thoughts on “Telur Ayam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s