Google vs Yahoo: Melihat Persaingan Ketat Dari Berbagai Segi


sebelumnya SpidolBekas pernah bikin artikel tentang persaingan antar dua kubu mesin pencari (search engine) yaitu Google vs Yahoo.  dari artikel yang gw buat saat itu pada 28 Juli 2010, which is means tahun kemarin, gw akui memenangkan Google untuk persaingan antar kedua mesin pencari.

alasan gw waktu itu memenangkan Google adalah karena dari segi tampilan benar-benar mencerminkan sebuah mesin pencari, lebih simpel. kemudian menyusul alasan lain seperti lebih ringan saat dibuka baik google.com atau layanan e-mail nya di gmail.com dan ketepatan antara keyword dengan hasil pencariannya.

Google vs Yahoo

Google vs Yahoo

namun, di tahun 2011 ini bagaimana perkembangan persaingan di antara keduanya ? apakah Yahoo berhasil menyaingi Google ? mari kita baca hasil pengamatan gw dari berbagai segi !

Segi Tampilan ?

tahun ini, kayaknya Yahoo masih harus bersabar untuk jadi raja nomor 1 di dunia mesin pencari. soalnya gw liat dari tampilan keduanya, memang masih belom banyak yang berubah. Google masih tetap dengan tampilannya yang simple dan fokus, dan Yahoo masih dengan tampilannya yang ‘penuh’ dan sekarang lebih mirip kayak portal berita menurut gw. nah bagi pengguna internet di Indonesia yang sepertinya belum bisa menikmati internet kecepatan tinggi, mungkin buka situs Yahoo akan sangat lama dan berat, lain banget kalo buka Google. karena ya dari segi konten emang Google lebih simpel dan fokus.

Segi Layanan Email ?

masalah layanan e-mail juga masih belom ada perubahan, Gmail kini mungkin emang hadir dengan tampilan yang banyak diperbarui dari segi tampilan menu, jadi intinya kita bisa masuk ke Gmail, Google+, Google Images, GoogleMaps, Blogspot dan lainnya dari satu situs Gmail. jadi, Google telah mengintegrasikan semua produknya dalam satu akun, jadi gak perlu lagi repot-repot log-in lagi untuk satu produk beda dari produsen yang sama.

kecepatan upload dokumen di Gmail menurut gw sekarang cenderung lebih stabil dan cepat dan mungkin kita akan terbantu juga karena disediakan space sebesar 25mb untuk file maksimum yang bisa dikirim untuk satu e-mail. dan lagi ada status bar yang menunjukan sudah berapa persen file lo di-upload.

nah sekarang beralih ke layanan e-mail Yahoo. baru-baru ini emang Yahoo mengeluarkan desain tampilan baru untuk Yahoomail dan menurut gw emang lebih baik dari yang kemarin. dari segi kapasitas attachment juga sekarang kita bisa mengirim file maksimum 25 mb untuk sekali kirim. beda dengan Google, di YahooMail setiap akun e-mail kita gak punya batasan kuota jadi kita bisa aja bikin akun YahooMail kita jadi pusat simpan data-data yang penting. kalo Google setiap akun e-mail dibatasi sampai sekitar 7,6 Gb.

beralih ke kecepatan upload di YahooMail,  sekarang YahooMail udah punya fitur status bar yang sedian gambaran udah berapa persen file kita di-upload. ditambah lagi YahooMail udah berkerja sama dengan antivirus Norton dari Symantec yang bisa memeriksa file yang dikirim apa ada virusnya atau gak.

namun kelemahan yang sering gw temuin di lapangan, dari teman-teman gw yang pake YahooMail, kadang e-mailnya gak bisa kekirim entah kenapa, selalu gagal upload, dan bahkan ada yang lama banget sampe kekirimnya. tapi setelah gw rekomendasi pake Google, entah kenapa masalah temen gw ilang. e-mailnya sekejap langsung diproses dan kekirim.

Segi Trafik Situs ?

Alexa - Top Sites in Indonesia

Alexa - Top Sites in Indonesia

seperti yang kalian bisa liat gambar di atas, menurut Alexa.com rivalitas kedua mesin pencari masih kalah sama situs jejaring sosial Facebook. tapi karena jejaring sosial bukan tema kita hari ini,,ya sudah abaikan saja !

ternyata Google masih unggul dari Yahoo. Google Indonesia menempati urutan kedua situs terpaling banyak dikunjungi di Indonesia, kemudian disusul Google.com sebagai situs global Google dan kemudian di urutan keempat ada produk blog dari Google yaitu Blogspot. di urutan kelima setelah dijajah habis-habisan sama Google baru Yahoo muncul. habis itu setelah Yahoo masuk Youtube yang merupakan situs penyedia video yang diakuisi sama Google pada Oktober 2006. yak Yahoo emang kayaknya diapit sama kedigdayaan Google.

Alexa Top 500 Global Sites

Alexa Top 500 Global Sites

untuk rating di dunia, Google menempati urutan 1 dunia, kemudian baru disusul Facebook. Youtube sebagai anak perusahaan Google berada di urutan ketiga. sementara itu Yahoo berada di urutan keempat. kemudian diapit lagi sama Google oleh produknya Blogspot.

Segi Strategi Bisnis ?

Google selalu fokus untuk pengembangan hal-hal yang bersifat mandiri misalnya: Google Buzz, Google+, Google Maps, dan Android. gak kayak Google, ternyata Yahoo lebih banyak mengadakan kemitraan atau kerjasama untuk mengembangkan berbagai macam layanan di Yahoo sendiri. jadi bisa dibilang persaingan di antara keduanya lebih kayak pertarungan antara Pengembangan vs Kemitraan?

Google+ Jejaring Sosial Baru dari Google

Google+ Jejaring Sosial Baru dari Google

seperti yang gw tulis di atas pada Oktober 2006, Google membeli YouTube. di tahun yang sama Yahoo dan eBay membentuk kemitraan. pada tahun 2008, Google meluncurkan Google Chrome. tahun berikutnya, 2009, Yahoo membentuk kemitraan pencarian dengan Microsoft. kemudian pada Februari 2010, Google datang dengan Google Buzz. di tahun yang sama, Yahoo dan Twitter membentuk kemitraan. Selain itu, Google meluncurkan aplikasi Google Dompet musim panas ini.

jadi kita bisa lihat Google selalu terencana dengan memanfaatkan sumber daya manusia nya untuk membuat sesuatu yang lebih atas nama Google pribadi. Google bisa dibilang selalu mengambil langkah yang sangat diperhitungkan untuk mengembangkan aplikasi yang selalu bisa meraih perhatian orang, kita ambil contoh mungkin kontroversial nya Google+ ketika diwacanakan mau muncul dan saat Google+ masih belom bisa dibuka untuk umum, banyak media massa yang membuat rilis atau tulisan tentang kelebihan jejaring sosial baru ini yang konon mampu menggabungkan kelebihan Facebook dengan Twitter.

saat Yahoo hanya melanjutkan kemitraan terus-menerus, strategi Google terus berhasil sejak peluncuran Google Buzz karena merupakan salah satu produk paling lengkap Google telah disajikan sampai sekarang. walau pada akhirnya Google Buzz akhir-akhir ini diakui sebagai produk gagal yang kurang sukses di pasaran.

Dibandingkan dengan Yahoo, Google telah mengembangkan produk teknis yang lebih baik seperti: Buzz, Google+, Chrome, sistem operasi Androidm, dan ChromeBook (laptop khusus browsing internet dari Google Chrome). ditambah lagi, Google bekerja lebih pada smartphone sekarang, yang akan menjadi target pasar yang amat sangat empuk dan menggiurkan menurut gw di masa depan nanti.

Kesimpulan SpidolBekas ?

kesimpulannya walau di atas kertas Google jauh lebih baik dari Yahoo, tapi masih ada kelebihan Yahoo yang belom bisa diungguli Google. walau dari segi mesin pencari Google sangat ampuh, tapi dari segi e-mail mungkin Gmail masih belom sepopuler YahooMail karena memang Yahoo duluan yang punya jasa layanan e-mail. kemudian untuk layanan chatting Yahoo jelas lebih unggul dengan produk Yahoo Messenger-nya karena emang banyak dipake orang karena banyak juga orang yang punya akun e-mail Yahoo.  walau sebenarnya dari segi performa e-mail gw lebih merekomendasikan Gmail.

tapi itu semua memang tergantung dari individu masing-masing, setiap orang punya pilihan masing-masing untuk menentukan pilihan terbaiknya untuk menunjang produktvitasnya sehari-hari di dunia maya. dan begitu juga dengan Google dan Yahoo yang tentunya memiliki cara yang berbeda dan strategi marketing yang lain untuk menjaring pasar sesuai dengan keunikan dan kelebihan produknya masing-masing.

“Pilihan Ada di Tangan Anda”

QR Code:

QR Code

QR Code

17 thoughts on “Google vs Yahoo: Melihat Persaingan Ketat Dari Berbagai Segi

  1. Pingback: Chromebook dari Google « SpidolBekas

  2. Pingback: Siap-Siap Jadi Google Addict « SpidolBekas

  3. Kalau soal layanan email dan chat memang belum ada yang mengungguli yahoo dan begitu pula dengan search engine, hasilnya masih bagus dari google kalau menurut saya

    Like

  4. Pingback: Google vs Yahoo « Secarik Kertas

  5. yahoo menang diemail doank cz maklum yahoo lebih tua dari google,pengguna email yahoo cuma orang2 awam,para orang tua & primitif.para hacker aja nyaranin pake email google daripada yahoo,cz yahoo lemah gampang dihack tuh akun.kalau google fitur all in one:gmail,blogspot,youtube,map,G+ dll,apalagi google punya browser googlechrome & sekarang ini yang lagi bomming dengan os androidnya yang menguasai pasar smart phone dunia,yahoo??? good bye aja dach…….

    Like

  6. ya gan saya juga pusing kalo masuk yahoo, berat banyak iklannya, apalagi ketika membuka email. wadooh beratnya setengah mati gan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s