Chromebook dari Google


sebelumnya gw pernah bahas tentang strategi Google untuk melawan pesaing beratnya Yahoo. bagi yang belom baca silakan klik di sini. di artikel itu gw bahas mengenai strategi apa yang digunakan oleh Google untuk menjaring pasarnya ikan kalee dijaring.

strategi pemasaran Google berbeda dengan Yahoo, dia lebih fokus untuk ciptain produk-produk baru dengan memanfaatkan sumber daya manusianya sesuai dengan perkembangan jaman. belom lama ini Google ciptain jejaring sosial yang konon siap mengalahkan dominasi Facebook karena diklaim mampu menggabungkan kelebihan yang dimiliki Facebook dan Twitter. nama jejaring sosial itu adalah Google+.

nah ternyata Google masih belom puas diri, dia masih mau memperluas pasarnya ke bidang perangkat komunikasi, setelah cukup sukses mengembangkan sistem Android untuk smartphone kini Google membuat Chromebook.

Chromebook dari Samsung

Chromebook dari Samsung

apa itu Chromebook ? yak, mungkin sebagian dari kalian gak asing lagi dengan nama “Chrome.” Chrome adalah peramban web atau bahasa mudahnya kita biasa bilang sebagai browser internet yang diciptakan oleh Google. dalam sistem kerjanya Chrome mengoptimalkan resource memory di komputer lo, jadi bisa bikin loading page lebih cepat daripada browser lain.

Google Chrome

Google Chrome

udah gitu karena gw pake Chrome, bedasarkan pengalaman gw emang lebih cepat loading internetnya, udah gitu cocok banget untuk laptop atau komputer spek rendah, karena ringan banget buat dipakenya. dan masih banyak kelebihan lainnya yang gw rasakan, coba aja lo liat infonya di sini.

nah beralih ke Chromebook, di perangkat ini lo akan sangat terbiasa bekerja dengan browser Chrome, kenapa ? ini alasannya.

menurut informasi yang gw dapet dari situs Chromebook. perangkat ini adalah semacam notebook atau laptop kecil yang khusus digunakan khusus dengan mengoptimalkan penggunaan internet atau browser Chrome. di mana hampir semua kegiatan setiap orang banyak dihabiskan dengan berselancar di internet.

banyak kan kegiatan kita di internet, seperti: kirim e-mail, cari data, atau ngobrol sama temen-temen di dunia maya. nah dengan Chromebook ini lo bisa bebas ngapain aja di internet tanpa harus nungguin laptop lo booting lamaa terus tunggu konek ke internet…duh ribet ya

jadi bagi lo semua para blogger, kalo lo punya Chromebook dan tiba-tiba lo punya ide untuk tulisan baru lo. yang perlu lo lakuin adalah tinggal nyalain Chromebook lo dan tunggu 8 detik maka lo akan langsung nyambung ke internet, lo gak butuh lagi tunggu lama proses booting bro.

udah gitu dengan satu kelebihan uniknya lo bisa simpen semua data lo di internet, gak perlu lagi simpen di laptop. jadi kalo suatu saat amit-amit jabang bayi Chromebook lo ilang atau rusak total gara-gara diinjek adek lo, gak usah khawatir karena semua data lo ada di internet, jadi kalo udah dapet Chromebook yang baru lo tinggal log in ke ID lo, dan lo punya semua data lo.

nah selain kelebihan di atas gw akan kasih tahu lagi kelebihan lainnya dari Chromebook:

  1. instant web. Chromebook cuma butuh waktu sekitar 8 detik dari mulai lo pencet tombol ON untuk ngebawa lo langsung ke dunia maya.
  2. selalu terkonek internet. dengan antena pancaran sinar petromak Wi-FI dan 3G lo bisa langsung konek ke dunia internet kapanpun dan di manapun untuk ketemu SpidolBekas hehe
  3. memori sistem cloud. jadi semua dokumen lo, aplikasi, kerjaan lo, simpenan foto, dan lainnya akan tersimpan langsung ke internet. jadi gak usah kawatir lagi kalo Chromebook lo ilang sekali lagi amit-amit jabang bayi
  4. web apps. satu lagi keunikan Chromebook. lo gak usah lagi perlu instal aplikasi Microsoft Office, Photoshop, bahkan sampe antivirus. karena semua aktivitas lo akan ditanggung oleh banyaknya aplikasi web yang fungsinya sama dengan aplikasi apa aja yang lo instal. mulai dari game, word, excel, powerpoint, edit poto, semuanya disedian sama aplikasi dari sistem open source Google yang pastinya disediain secara GRATIS
  5. Friends Log in. nah di Chromebook lo bisa berbagi data atau banyak hal dengan Friends log in. jadi intinya lo bisa biarkan temen lo sendiri liat-liat kerjaan lo di dunia internet
  6. update No More. kalo lo udah capek sama yang namanya update OS (operating system), aplikasi, sampe antivirus, dengan Chromebook semua update akan dijalankan secara otomatis. hal ini juga berlaku buat para pengguna Chrome, kita gak pernah tuh dapet notif buat proses update dan segala macem yang lama, karena semua udah otomatis
  7. keamanan. mungkin sudah gak perlu diragukan lagi karena emang menurut artikel yang pernah gw baca tentang kompetisi hacker internasional yang harus ngejebol browser internet. Chrome dan Firefox adalah dua browser yang sangat tahan dengan gencaran virus, hacker, dan malware.
namun, di samping kelebihan pasti juga ada kelemahan. di antaranya:
  1. koneksi internet. di Indonesia mungkin koneksi internet belom secepat dan stabil di luar negeri. jadi bisa aja jadi halangan buat lo akses internet dimanapun dan kapanpun
  2. perubahan budaya. banyak orang mungkin belom percaya untuk simpan datanya di internet. mungkin bisa aja suatu saat kita mikir jangan-jangan data gw bisa diliat sapa aja nih. jadi apa lo siap simpen segalanya di internet ?
  3. harga mahal. harga Chromebook cenderung lebih mahal dari netbook biasa. harganya sekitar $350 sampe $500 di luar negeri, gak tau deh kalo sampe di Indonesia berapa tuh. padahal mungkin sebagian orang banyak yang berpikir kalo toh fungsi netbook juga bisa kayak Chromebook asalkan ya punya browser Chrome. lagipula kelebihannya berkisar di proses booting yang cepat dan sistem cloud-nya. jadi kalo aja harga Chromebook lebih murah mungkin bisa lebih diminatin pasar. dan menurut gw kalo harganya bisa lebih murah, mungkin Chromebook bisa jadi pesaing beratnya i-Pad.

kesimpulannya setiap produk pasti gak ada yang sempurna toh ? pasti ada kelemahannya di balik keunggulannya yang besar. jadi, semuanya balik ke kita lagi, kalo kita merasa butuh dan produktivitas kita akan terbantu dengan keunggulan Chromebook, ya kenapa gak lo harus punya Chromebook kan ?

pesan dari SpidolBekas adalah:

“Apapun pilihan lo semuanya tergantung dari isi dompet” hahaha😀

 

QR Code:

QR Code

QR Code

 

5 thoughts on “Chromebook dari Google

  1. my mouth watering….
    Puengen buanget….hayang pisan…
    Kira kira kalau masuk indo,mahal ga yah…:(….

    Like

  2. yuli :

    my mouth watering….
    Puengen buanget….hayang pisan…
    Kira kira kalau masuk indo,mahal ga yah…:(….

    info sementara yang gw tau sih harganya cukup mahal, sekitar 5-6 jutaan…

    tapi semoga aja ada yang lebih murah ya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s