QR Code Hadir di SpidolBekas


QR Code SpidolBekas

QR Code SpidolBekas

topik kita kali ini akan membahas QR Code. QR Code atau yang dalam bahasa Indonesia disebut Kode QR adalah bentuk evolusi dari kode batang satu dimensi yang biasanya ada di berbagai macam produk makanan, minuman, perabotan rumah tangga dan lain sebagainya. secara umum penggunaan kode ini sama aja dengan pendahulunya, tapi secara khusus ketika gw mengadakan interview dengan QR Code ternyata dia memiliki kelebihan, hehe.

kelebihan yang paling utama adalah QR Code memiliki kemampuan menyimpan data yang lebih besar dari kode batang, jadi dia itu mampu mengkodekan atau menterjemahkan informasi dalam bentuk data numerik, alpabet, kanji, katakana, simbol, dan kode biner. Secara khusus kode QR mampu menyimpan data jenis numerik sampai dengan 7.089 karakter, data alphanumerik sampai dengan 4.296 karakter, kode binari sampai dengan 2.844 byte, dan huruf kanji sampai dengan 1.817 karakter.

kode QR memiliki tampilan yang lebih kecil daripada kode batang. Hal ini terjadi karena kode QR mampu menampung data secara horizontal dan vertikal, jadi ukuran dari tampilan gambar kode QR bisa cuman sepersepuluh dari ukuran kode batang.

Tidak hanya itu kode QR juga tahan terhadap kerusakan,karena kode QR mampu memperbaiki kesalahan sampai dengan 30%. wooowww……jadi, walaupun sebagian simbol kode QR kotor ataupun rusak, data tetap dapat disimpan dan dibaca. Tiga tanda berbentuk persegi di tiga sudut memiliki fungsi agar simbol dapat dibaca dengan hasil yang sama dari sudut manapun sepanjang 360 derajat. keren banget kan ????

cara pakai Kode QR:

QR Code Reading

QR Code Reading

cukup mudah dan sederhana sebenarnya, Kode QR dapat digunakan di ponsel yang memiliki aplikasi pembaca kode QR dan memiliki akses internet GPRS, Wi-Fi, atau 3G untuk menghubungkan ponsel dengan situs yang dituju via kode QR tersebut.

pertama akftifkan program pembaca kode QR, kemudian arahkan kamera ke kode QR, selanjutnya program pembaca kode QR akan secara otomatis memindai data yang telah tertanam pada kode QR. Jika kode QR berisikan alamat suatu situs, maka kamu dapat langsung mengakses situs tersebut tanpa harus mengetikkan alamat situs yang ingin dimasukin.

kalo lo pengen akses kode QR dengan ponsel tanpa kamera, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah jalankan dulu aplikasi peramban yang ada pada ponsel, lalu masukkan URL halaman yang bersangkutan, selanjutnya masukkan “ID” atau 7 digit nomor yang tertera di bawah kode dan klik tombol Go, maka pengguna akan memperoleh konten digital yang diinginkan. Hal ini tentu mempermudah kamu untuk mendapat informasi.

download dan gunakan QR Code:

situs yang menyediakan jasa pembuatan dan download aplikasi QR Code yang gw pake adalah Kaywa Reader. cara pakainya sangat mudah, setelah lo masuk ke link-nya akan muncul halaman seperti ini.

QR Code Generator

QR Code Generator

selanjutnya kalian tinggal pilih mau bikin QR Code untuk apa ? bisa untuk URL kamu, teks, nomor hape, atau untuk layanan SMS. pilih jenis nya di “content type” terus isi “content” sesuai dengan yang kamu mau. lalu pilih ukuran QR Code yang kamu mau, bisa dari ukuran small sampai extra large. kemudian klik “generate.” setelah itu kamu dapat langsung menyimpan kode QR yang kamu dapat ke format JPG atau bisa langsung masukin ke blog kamu melalui kode HTML yang juga diberikan.

aplikasi pembuat QR Code ini gratis kok…santai aja karena SpidolBekas tidak pernah merekomendasikan situs atau layanan berbayar…hahaha

dan bagi kamu yang mau instal reader untuk kode QR juga bisa langsung klik ikon robot di halaman utamanya.

ke depannya untuk menunjukan betapa hi-tech nya blog gw, gw akan memasukan QR Code untuk setiap artikel yang gw tulis, hahaha

thank you

recomended sites on this subject: http://reader.kaywa.com/

3 thoughts on “QR Code Hadir di SpidolBekas

  1. Blak :

    Sebenarnya saya sudah pernah menulis hal ini dalam blog saya, dan entah atas alasan apa tulisan saya tidak dimuat di vivanews T_T dengan judul Bagaimana QR Code Bekerja?. maaf mas, aku numpang curhat

    gak apa2 kita saling curhat, saya sudah baca artikel Anda, dan sedikit tips dari saya kalo mau blog kita ditampilkan di Vivanews kalo bisa di bagian isi di “kirim blog”, bikin tulisan yang ‘mengundang’ jadi mungkin dari admin Vlog akan lebih tertarik untuk bantu publish.

    dan tips saya untuk artikel Anda, coba lebih ditekankan lagi di bagian 5W + 1H (what, where, when, who, where, dan how) jadi pengunjung akan lebih tertarik pada artikel Anda dan lebih mengerti….kalau bisa masukan juga cara gunakan QR Code secara rinci dengan pilihan aplikasi yang lebih simpel, dan dibawakan secara komunikatif

    untuk tips yang lain kamu bisa baca di artikel saya:

    https://spidolbekas.wordpress.com/2011/08/22/naikin-trafik-blog-12x-lipat-dalam-sehari/

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s